DPRD Kotawaringin TimurKotawaringin Timur

Pulihkan Ekonomi Melalui Langkah yang Strategis

"Tim ahli kita harus segera menyiapkan langkah strategis untuk pemulihan ekonomi," ujar Darmawati, Minggu (21/6/2020).

Gerakkalteng.com – SAMPIT – Sama halnya dengan daerah lain, pandemi Covid-19 yang terjadi beberapa bulan ini berdampak pada sektor ekonomi. Selain berimbas pada merosotnya pendapatan atau retribusi daerah, banyak ekonomi atau usaha masyarakat lumpuh total.

Menanggapi hal itu, Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Hj Darmawati menyebut, pemerintah kabupaten harus segera mengambil langkah strategis agar proses pemulihan ekonomi bisa mulai berjalan.

“Tim ahli kita harus segera menyiapkan langkah strategis untuk pemulihan ekonomi,” ujar Darmawati, Minggu (21/6/2020).

Lanjutnya, agar lebih efektif pemerintah harus menyiapkan polanya dengan benar. Dengan lebih mengedepankan karakteristik daerah, untuk bisa singkron dengan ekonomi skala nasional yang dirumuskan oleh pemerintah pusat.

“Langkah pertama dengan membuka kembali sektor ekonomi atau jasa secara perlahan, dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah,” tandasnya.

Ia menambahkan, dampak pandemi sangat luar biasa bagi masyarakat, apalagi menengah ke bawah. Dengan mulai dibukanya usaha masyarakat, perputaran ekonomi di daerah akan bisa bergerak secara perlahan. Itu pun akan berpengaruh pada pendapatan atau retribusi daerah.

Politisi Partai Golkar tersebut mengatakan, sebelumnya pemerintah menerapkan larangan mudik. Saat ini pintu ke luar daerah mulai diberikan kelonggaran. Artinya, semua  transportasi umum mulai kembali beroperasi dengan menerapkan syarat-syarat ketat. (drm)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!