DPRD Pulang PisauPulang Pisau

Dewan Akan Perjuangkan Anggaran Gerakan Pramuka

"Kalau kita melihat, dukungan anggaran untuk Gerakan Pramuka saat ini masih minim dan perlu ditingkatkan," kata salah satu anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pulpis, H Ahmad Jayadikarta usai menghadiri peringatan Hari Pramuka di SMPN-1 Kahayan Hilir, kemarin (30/8/2019).

PULANG PISAU – Gerakan Pramuka memiliki peran strategis dalam menjalankan misi pembentukan karakter generasai bangsa dan program pemerintah revolusi mental. Namun, peran strategis ini nampaknya belum menjadi perhatian serius pemerintah daerah, khususnya di Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis).

“Kalau kita melihat, dukungan anggaran untuk Gerakan Pramuka saat ini masih minim dan perlu ditingkatkan,” kata salah satu anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pulpis, H Ahmad Jayadikarta usai menghadiri peringatan Hari Pramuka di SMPN-1 Kahayan Hilir, kemarin (30/8/2019).

Melihat dari sisi anggaran yang minim untuk Gerakan Pramuka, Jayadi mengaku sebagai wakil rakyat di DPRD Kabupaten Pulpis akan memperjuangkan, sehingga anggaran untuk Gerakan Pramuka tersebut bisa ditingkatkan, sehingga dapat mendukung seluruh program kegiatan dan operasionalnya.

“Jadi kami sangat mendukung kegiatan Pramuka, bahkan mengingatkan pemerintah daerah agar anggaran pramuka ini harus tetap ada. Bahkan seharusnya ditingkatkan dari sebelumnya, bukan malah dikurangi dan dibatasi,” ujar pria yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Kwarcab Pramuka Kabupaten Pulang Pisau ini.

Dia mengatakan, Pramuka dalam era modern ini sangat penting, terutama dalam mengembangkan sifat patriotisme dan nasionalisme di kalangan remaja sekarang. Di dalam organisasi kepramukaan bisa menumbuhkan rasa kebersamaan antar anggota.

Selain itu, lanjut Jayadi, Gerakan Pramuka selaku penyelenggara pendidikan kepramukaan mempunyai peran besar dalam pembentukan kepribadian generasi muda, sehingga memiliki pengendalian diri dan kecakapan hidup untuk menghadapi tantangan sesuai dengan perkembangan zaman. “Dengan fungsi dan manfaat yang besar untuk mencetak generasi bangsa yang unggul, seharusnya Pramuka mendapatkan dukungan anggaran yang mencukupi,” tandasnya. (hms)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!