Barito SelatanDPRD Barito SelatanHeadline

Empat Polres di DAS Barito Kompak Latihan Bersama

"Pelatihan ini bertujuan untuk memupuk soliditas dan sinergitas, baik didalam maupun dengan instansi di luar Polri. Serta untuk menyamakan persepsi, meningkatkan keterampilan dan kesiapsiagaan personel serta Sarpras dalam tugas pengamanan kedepannya," terangnya.

Foto : Ratusan personel gabungan dari Polres Bartim, Barut, Murung Raya, Barsel dan Satbrimobda ketika peragakan simulasi Sispam Kota, Senin (6/7/2020).

gerakkalteng.com – BUNTOK – Ratusan personel dari empat Polres Daerah Aliran Sungai (DAS) Barito menggelar simulasi sistem pengamanan (Sispam) kota berdasarkan rayonisasi wilayah tahun 2020 di Mapolres Barito Selatan, Senin (6/7/2020).

Simulasi Sispam tersebut diikuti personel Polres Barito Timur, Barito Utara, Murung Raya, Satbrimoda dan Polres Barito Selatan selaku tuan rumah. Kegiatan ini bertujuan sebagai persiapan untuk mengamankan pesta demokrasi, pemilihan kepala daerah (Pilkada) Gubernur dan wakil Gubernur Kalimantan Tengah yang rencananya digelar Desember 2020 agar berjalan aman, tertib dan lancar.

Selaku pemimpin upacara, Kapolres Barsel, AKBP Devy Firmansyah, SIK dalam sambutannya menyampaikan bahwa tujuan dari simulasi yang rencananya diselenggarakan selama tiga hari ini, yaitu tanggal 6 – 8 Juli 2020 untuk meningkatkan sinergitas baik antarinstansi Polri maupun dengan pihak luar instansi, terutama guna menghadapi Pilkada.

“Pelatihan ini bertujuan untuk memupuk soliditas dan sinergitas, baik didalam maupun dengan instansi di luar Polri. Serta untuk menyamakan persepsi, meningkatkan keterampilan dan kesiapsiagaan personel serta Sarpras dalam tugas pengamanan kedepannya,” terangnya.

Pasalnya, dikatakan Devy, Pilkada tahun ini merupakan pemilu yang memiliki kompleksitas kerawanan dan karakteristik yang khas. Sebab, untuk pertama kalinya dilaksanakan di tengah adanya masalah pandemi, yakni wabah Covid-19 yang melanda dunia, nasional dan khususnya wilayah Kalteng.

“Hal ini tentu menyita perhatian kita bersama, karena wabah ini telah banyak sekali memakan korban jiwa. Sehingga semua pola pelaksanaan tugas di lapangan berubah 180 derajat, karena kita harus menggunakan konsep standar mematuhi protokol kesehatan, agar tidak terjangkit Covid-19,” tuturnya.

Dalam kegiatan yang dilatih oleh tim pelatih dari Direktorat Samapta Polda Kalteng selaku pembina fungsi kewilayahan tersebut, seluruh personel akan mengikuti semua pelatihan tahapan pelaksanaan pengamanan Pilkada, baik itu yang bersifat Preemtif, Preventif maupun Represif.

“Perkuat soliditas dan sinergitas dalam tugas dan laksanakan pelatihan Sispam dalam kota berdasarkan rayonisasi wayah tahun 2020, dalam rangka kesiapan pengamanan Pilkada 2020 ini dengan sebaik-baiknya, untuk memaksimalkan pelaksanaan tugas di lapangan,” pesan perwira polisi berpangkat dua melati itu menutup. (HR/petu)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *