DPRD Kota Palangka RayaPalangka Raya

Sebanyak 20.000 Alat RDT Dipersiapkan

Puluhan ribu alat tersebut digunakan untuk memeriksa masyarakat Kota Cantik yang diketahui dari hasil trackingnya sempat melakukan kontak erat dengan pasien positif Covid-19.

 

Gerakkalteng.com – PALANGKA RAYA -Sebanyak 20.000 alat Rapid Diagnostic Test (RDT) untuk pelaksanaan rapid test massal di Kota Cantik tengah dipersiapkan.

Puluhan ribu alat tersebut digunakan untuk memeriksa masyarakat Kota Cantik yang diketahui dari hasil trackingnya sempat melakukan kontak erat dengan pasien positif Covid-19.

“Jadi 20.000 RDT ini bukan digunakan untuk sembarang rapid, akan tetapi digunakan untuk bila ada kejadian di suatu daerah yang berpotensi penyebaran Covid-19, maka akan langsung dilakukan rapid test,” ucap Wali Kota Palangka Raya, Fairid Naparin, Selasa (16/7/2020).

Selain itu, alat RDT ini juga akan digunakan untuk pemeriksaan warga di kantong-kantong persebaran virus Covid-19. Seperti kasus klaster Pasar Besar dan kasus di Tangkiling beberapa waktu lalu.

Lanjut Fairid, selain akan melakukan rapid tes massal pihaknya juga memperluas wilayah penanganan pasien yang terpapar positif, dengan melibatkan RSUD Kota Palangka Raya.

Dikatakannya, rencana rapid test massal ini bertujuan mengetahui berapa banyak orang yang berpotensi terpapar Covid-19, sehingga Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Cantik bisa mengambil langkah penanganan.

Di sisi lain tujuan dari rapid tes massal ini untuk mengontrol sebaran Covid-19 di Kota Cantik, yang apabila sudah mulai terkontrol dan mengalami penurunan angka sebaran Covid-19, barulah akan diterapkan new normal.

“Jadi jangan heran bila nanti setelah dilakukan rapid test massal akan ada kenaikan angka positif, ODP dan PDP di Kota Cantik, karena itu semua adalah keberhasilan kinerja dari tim deteksi dini dan tracking dalam melakukan penyelidikan,” pungkasnya.(*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *