Kotawaringin Timur

Cegah Gangguan Buaya, BKSDA Pos Jaga Sampit Pasang Spanduk Himbauan

KOTIM – Sebagai upaya untuk mencegah terjadinya gangguan buaya bagi warga masyarakat setempat, Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Pos Jaga Sampit, melakukan pemasangan spanduk himbauan di beberapa titik di pinggir Sungai Mentaya, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Kamis (28/12/2023).

“Kegiatan ini adalah kegiatan rutin yang kami lakukan untuk mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan bagi masyarakat di daerah tersebut, serta untuk menindaklanjuti kemunculan buaya baru-baru ini,” kata Komandan BKSDA Pos Jaga Sampit Muriansyah.

“Bersama satu orang anggota Manggala Agni Sampit kami melakukan pemasangan 3 buah spanduk, yang pertama berlokasi di Pelabuhan Hilir, lalu di Pelabuhan Selamat Datang, kemudian yang terakhir di Pelabuhan Fery Penyeberangan,” jelasnya.

“Giat disaksikan langsung oleh pihak Polair Polda Kalteng dan pihak Kelurahan Mentaya Seberang, Kecamatan Seranau,” tambahnya.

Lebih lanjut, Muriansyah menjelaskan spanduk berisi himbauan untuk berhati-hati saat beraktifitas di sungai, tidak membuang bangkai dan sampah rumah tangga ke sungai, tidak memelihara ternak di atas/ tepi sungai, serta tidak melakukan pencarian ikan dengan cara ilegal seperti menggunakan racun dan setrum.

“Saat ketemu warga tadi kami juga memberikan himbauan secara langsung,” pungkasnya. (Tbk)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!