Barito SelatanDPRD Barito SelatanHeadline

Ini Cara Demokrat Barsel Bangun Kekuatan Jelang Pilgub

“Pada hari ini, telah terpilih enam ketua DPAC kecamatan se-Barsel yang tadi baru saja dilaksanakan rapat pleno penetapannya sekaligus ditunjuk sebagai ketua tim prematur,” terangnya.

Musancab : Kuatkan mesin politik jelang Pilgub, DPC Demokrat Barsel laksanakan Musancab, Sabtu (22/8/2020).

gerakkalteng.com – BUNTOK – Memperkuat mesin politik hingga ke tingkat terbawah, Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Kabupaten Barito Selatan gelar Musyawarah Anak Cabang (Musancab), Sabtu (22/8/2020).

Ketua DPC Demokrat Barsel, Idariani menuturkan bahwa kegiatan yang dilaksanakan di aula Hotel Mulya Kencana, Kota Buntok itu bertujuan untuk menyusun kembali kekuatan politik di Bumi Batuah.

Pasalnya, selain karena sudah banyak anggota yang surat keputusannya (SK) sudah kedaluwarsa atau habis masa aktifnya, di tahun 2020 ini juga merupakan tahun pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) tingkat Provinsi Kalimantan Tengah.

Maka dari itu, dalam kegiatan yang dirangkai dengan rapat pleno terbatas serta konsolidasi partai tersebut, juga diadakan pemilihan dan penetapan enam Ketua Dewan Pimpinan Anak Cabang (DPAC) se-Barsel, yaitu DPAC Kecamatan Dusun Selatan, Dusun Utara, Gunung Bintang Awai (GBA), Dusun Hilir, Karau Kuala dan Jenamas.

“Pada hari ini, telah terpilih enam ketua DPAC kecamatan se-Barsel yang tadi baru saja dilaksanakan rapat pleno penetapannya sekaligus ditunjuk sebagai ketua tim prematur,” terangnya.

Lanjut anggota DPRD Barsel tiga periode ini lagi, guna mempercepat persiapan konsolidasi politik, pihaknya memberikan waktu selama satu minggu bagi semua ketua DPAC terpilih agar segera menyusun kepengurusan di DPAC masing-masing.

Langkah ini, diharapkan mampu membangkitkan kembali semangat juang partai yang dipimpin oleh Ketua Umum Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) tersebut, sehingga bisa menggapai kejayaan sebagaimana yang pernah mereka raih pada periode tahun 2003 hingga 2014 lalu.

“Satu minggu kedepan kami berikan kesempatan kepada ketua terpilih ini, untuk menyusun komposisi kepengurusan untuk enam kecamatan. Ini kami lakukan, untuk kembali menghidupkan semangat juang kami (Demokrat Barsel),” sebutnya.

“Harapan kami, kami dapat kembali berjuang bersama-sama, untuk mengembalikan kejayaan partai Demokrat yang pernah kami raih sebelumnya,” tambah Ida.

Sebagai salah satu partai pemenang di Kalteng, ini merupakan salah satu langkah strategi Demokrat, dalam menghimpun kekuatan jelang penyelenggaraan Pilgub Kalteng tahun 2020.

“Siapapun nanti yang mendapatkan rekomendasi dari DPP partai kami, sebagai petugas partai, kami dari tingkat DPC, DPAC dan Ranting akan siap memenangkan calon yang diamanatkan oleh partai untuk dimenangkan,” tegasnya.

“Jadi siapapun nanti calonnya, terlepas dari ketua DPD kami (H. Nadalsyah), yang diusung oleh DPP kami siap. Jadi mesin partai ini merupakan gebrakan kami untuk menyongsong Pilgub 2020,” komitmen Ida.

Senada dengan Idariani, Kepala BPOKK sekaligus Koordinator Wilayah Kalteng IV DPD Demokrat Kalteng Elsanto Nyampei, enam ketua DPAC se-Barsel yang sudah dikukuhkan tersebut, merupakan ujung tombak partai dalam perjuangan mengikuti Pilgub tahun 2020 dan Pileg dan Pilpres tahun 2024 mendatang.

“Dilantiknya enam ketua DPAC di Barsel ini, merupakan ujung tombak kita, apalagi dalam waktu dekat ini akan dilaksanakan Pilgub bahkan seterusnya tahun 2024, itu diadakannya bukan hanya Pileg tapi juga Pilpres,” terangnya.

Dia mengharapkan dengan terbentuknya struktur DPAC tersebut, bisa mengumpulkan semua simpatisan partai dan siapapun tokoh yang akan diusung oleh Demokrat nantinya, sebab pada tahun 2024 mendatang, Ketum partai AHY kemungkinan besar akan mengikuti kontestasi Pilpres.

Selain itu, satu hal yang harus menjadi perhatian DPC Demokrat Barsel, adalah dari sejak awal berdiri hingga sekarang, untuk Daerah Pemilihan (Dapil) III Barsel, Kecamatan Dusun Hilir, Karau Kuala dan Jenamas, belum pernah sekalipun mengirimkan perwakilannya ke Parlemen.

“Barsel akan kita dobrak, supaya kebesaran Demokrat bisa lebih besar lagi, khususnya DPRD karena di Dapil III belum pernah ada keterwakilan partai semasa Demokrat eksis di Indonesia ini. Ini nanti menjadi PR dan tugas kita bersama dengan jajaran DPC, DPAC untuk kita mendobrak itu,” tukasnya.

Saat ini sendiri, Demokrat Barsel merupakan salah satu Parpol dengan jumlah simpatisan terbanyak dan keterwakilan sebagai anggota DPRD sebanyak dua orang, satu dari Dapil I Kecamatan Dusun Selatan dan Dapil II Kecamatan Dusun Utara dan GBA. (tampetu/HR)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *