Barito TimurDPRD Barito TimurHeadline

Lembaga Peradilan Diharapkan Eksis dan Makin Dipercaya Publik

"Tetapi kita patut bersyukur sebab bagaimana pun beratnya tantangan tetapi lembaga peradilan. Tetap menunjukan eksistensinya sebagai lembaga yang dipercayakan publik, dalam mengatasi berbagai persoalan dari pada pencari keadilan," ucap.

gerakkalteng.com – Tamiang Layang – Bupati dan Wakil Bupati Barito Timur, Ampera A.Y Mebas dan Habib Said Abdul Saleh beserta forum koordinasi pimpinan daerah menghadiri HUT Mahkamah Agung ke-75 di Pengadilan negeri Tamiang layang, Rabu (19/8/2020)

Bupati dalam sambutan mengatakan, menampakkan perjalanan selama 75 tahun dalam pelaksanaan fungsi pradilan. Adalah sebuah waktu yang sangat panjang dan dapat dipastikan mengalami banyak tantangan dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab di bidang peradilan.

“Tetapi kita patut bersyukur sebab bagaimana pun beratnya tantangan tetapi lembaga peradilan. Tetap menunjukan eksistensinya sebagai lembaga yang dipercayakan publik, dalam mengatasi berbagai persoalan dari pada pencari keadilan,” ucap.

Ditambahkan Bupati, dalam peringatan hari ulang tahun. Mahkamah Agung ke-75 bukan hanya sekedar ajang seremonial yang diselenggarakan setiap tahun. Namun lebih dari itu momentum ini harus menjadi bahan renungan dan evaluasi bagi seluruh jajaran mahkamah agung terhadap apa yang telah dicapai dan dilakukan selama ini.

“Mengingat tahun ini kita dilanda pandemi virus corona atau covid-19, walaupun pandemi virus belum berakhir. Pelayanan di pengadilan negeri harus berjalan, dan mematuhi protokol covid-19,” pesan Bupati.

Lanjut Bupati, syukuran ini sekaligus ulang tahun mahkamah agung ke-75. Semoga pelayanan lebih baik lagi dan lebih kaya lagi seterusnya.

“Mari bersama-sama bertekad untuk membawa Mahkamah Agung dan pengadilan di bawahnya. Sebagai peradilan yang mandiri dan terbebas dari segala bentuk intervensi, transparan dan akuntabel yang merupakan salah satu faktor penting dalam mewujudkan Republik Indonesia yang demokratis dan modern,” ujarnya.

Dikatakannya, para hakim dan seluruh aparatur peradilan dituntut untuk bekerja lebih keras lagi agar mampu mewujudkan ekspektasi masyarakat yang begitu tinggi kepada lembaga peradilan.

Sedikit menjelaskan, faktor integritas dan profesionalitas aparatur menjadi indikator utama dalam membangun kepercayaan publik, kata Bupati Barito Timur Ampera A.Y Mebas.

“Lembaga peradilan yang harus senantiasa dijaga agar tidak meruntuhkan bangunan keadilan, yang dibangun dengan kerja keras oleh seluruh warga peradilan,” pungkasnya. (ags)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *