Barito TimurDPRD Barito TimurHeadline

Kasus Covid-19 di Barut Meningkat, Pemprov Kalteng Bantu Ventilator

"Meningkatnya angka konfirmasi positif di Kabupaten Barito Utara menjadi perhatian Satgas Covid-19 Kalteng. Tingginya kasus tersebut memerlukan sinergi semua pihak guna menekan tingkat penyebaran," kata Plt Gubernur Kalteng di ruang kerjanya.

FOTO : Plt Gubernur Kalteng, Habib Ismail Bin Yahya ketika menyerahkan bantuan ventilator kepada direktur RSUD Muara Teweh di ruang kerjanya, Selasa (29/9/2020).

GERAKKALTENG – PALANGKA RAYA – Plt Gubernur Kalimantan Tengah, Habib Ismail Bin Yahya menyerahkan ventilator bantuan Pemerintah Provinsi Kalteng kepada RSUD Muara Teweh, Selasa (29/9/2020).

Bantuan tersebut  diterima langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Barito Utara, Siswandoyo, SKM, M. Kes di ruang kerja Plt Gubernur Kalteng.

“Meningkatnya angka konfirmasi positif di Kabupaten Barito Utara menjadi perhatian Satgas Covid-19 Kalteng. Tingginya kasus tersebut memerlukan sinergi semua pihak guna menekan tingkat penyebaran,” kata Plt Gubernur Kalteng di ruang kerjanya.

Selain berupaya mengurangi angka penyebaran infeksi, tidak kalah pentingnya adalah meningkatkan angka kesembuhan dan menurunkan angka kematian. Angka kesembuhan dan angka kematian bisa diturunkan, jika fasilitas kesehatan, sumber daya manusia kesehatan dan peralatan medik sesuai dengan rasio pasien.

“Penyebab kematian terbanyak pada penderita covid-19 adalah gagalnya fungsi paru. Pada saat paru pasien covid-19 tidak bisa berfungsi dengan baik, diperlukan alat bantu nafas yakni ventilator,” katanya.

Sayangnya ventilator pada banyak rumah sakit sangat terbatas dan tidak seimbang dengan jumlah pasien. Selama ini kebanyakan ventilator berada di ruangan ICU dan sulit dipindahkan.

“Sehingga diperlukan ventilator portable yang mudah dimobilisasi. Sebagai upaya membantu ketersediaan ventilator di RSUD Muara Teweh,” sebutnya.

Habib berpesan agar ventilator dapat dipergunakan dengan sebaik-baiknya untuk membantu pasien covid-19 yang membutuhkan. (SOG)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *