DPRD Kota Palangka RayaPalangka Raya

Kesadaran Pakai Masker di Palangka Raya Hanya 70 Persen

PALANGKA RAYA,GERAKKALTENG.COM -Penegakan Perwali Palangka Raya Nomor 26 Tahun 2020 tentang penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan, dalam rangka percepatan penanganan covid-19 dan pemulihan ekonomi telah dijalankan.

Sejumlah titik kawasan Kota Palangka Raya telah disisir tim dari satgas covid-19 setempat, untuk menindak masyarakat yang masih mengabaikan peraturan dan protokol kesehatan.

Wakil Wali Kota Palangka Raya Hj Umi Mastikah menyebut, sejauh ini kesadaran masyarakat untuk memakai masker masih belum maksimal.

“Iya, bila dipresentasekan hanya mencapai sekitar 70 persen. Itu yang benar-benar memiliki kesadaran,”ungkap Umi usai memimpin penegakkan protokol kesehatan (Prokes) bersama dengan tim satgas covid-19 kota setempat, Rabu (16/9/2020).

Berdasarkan pengamatannya sambung Umi, pelanggaran protokol kesehatan, khususnya yang tidak taat memakai masker lebih didominasi oleh kalangan muda.

“Saat kedapatan oleh tim satgas covid-19, alasannya tidak lain, ‘lupa membawa masker’. Nah, kesadaran inilah yang terus di dorong agar protokol kesehatan benar-benar berjalan,”tukasnya.

Menurut Umi, dengan adanya implementasi perwali beserta sanksi dan efek jeranya, diharapkan masyarakat bisa sadar bahwa penggunaan masker sangat vital untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19, yang hingga kini belum mereda.

Disinggung terkait implemetasi perwali, maka tegas Umi, tim satgas covid-19 akan terus melakukan patroli pengawasan. Baik dikawasan publik, tempat usaha maupun tempat hiburan.

Selain itu, asistensi dan pendampingan pada kegiatan masyarakat seperti resepsi pernikahan maupun rapat terbuka tetap dijalankan.VD

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *