DPRD KatinganKatingan

Dewan Minta Pembenahan Drainase

"Sebagian besar drainase di lingkungan pasar tersebut sudah satu tahun ini tidak pernah dilakukan pembersihan oleh dinas terkait,"Ujarnya, selasa (27/10/2020).

Kasongan – H Hanafi, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabuparen Katingan minta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Katingan melalui dinas terkait lakukan pembenahan
sejumlah drainase, terutama drainase-drainase di lingkungan pasar Kereng Pangi desa Hampalit
kecamatan Katingan Hilir.

“Sebagian besar drainase di lingkungan
pasar tersebut sudah satu tahun ini tidak pernah dilakukan pembersihan oleh dinas terkait,”Ujarnya, selasa (27/10/2020).

Sehingga banyak saluran drainase yang buntu. Dengan buntunya saluran drainase tersebut, mengakibatkan air hujan di musim penghujan saat ini tergenang di drainase tersebut,” katanya.

Dampak dari genangan air tersebut lanjutnya, selain mendatangkan berbagai penyakit, juga dapat berakibat banjir di sekitar pasar dan perumahan penduduk di sekitar pasar tersebut.

“Karena, tidak jarang air yang tergenang di drainase itu meluap ke atas badan jalan,” jelasnya.

Jika hal ini tetap dibiarkan, tanpa adanya
tindakan dari dinas terkait, menurutnya
drainase tersebut bukan hanya menjadi sarang nyamuk Aedes agepty saja, tapi akan menambah pula kerusakan drainase yang saat ini memang
butuh penanganan sesegera mungkin dari dinas terkait.

“Bahkan, jika tetap dibiarkan akan
merusak badan jalan yang ada di lingkungan pasar tersebut. Terkait dengan dana untuk pembersihan saluran
dan perbaikan drainase tersebut, jika memang masih ada anggaran pemeliharaannya, menurutnya sebaiknya, secepat nya,”Pinta Hanafi.

“Tapi, jika sudah habis di tahun
anggaran ini, bisa saja dianggarkan di Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran 2021 mendatang,” ujarnya.

(Tri)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!