DPRD Kota Palangka RayaPalangka Raya

Warga Diminta Responsif Jaga Kebersihan

Anggota Komisi B DPRD Palangka Raya, Ruselita.

PALANGKA RAYA, GERAKKALTENG. COM-Lagi-lagi sampah yang masih banyak belum terkelola dengan baik dingkungan masyarakat Kota Palangka Raya masih menjadi pekerjaan rumah bagi pemerintah kota (Pemko) setempat.

Bicara permasalahan sampah, maka menurut anggota Komisi B DPRD Palangka Raya, Ruselita, semuanya akan berpulang dengan sikap masyarakat untuk mau lebih responsif serta disiplin menjaga kebersihan lingkungan.

“Perda sampah sudah ada dan telah diterapkan. Nah, dalam implementasi peraturan itu tidak lepas dari kesadaran masyarakat itu sendiri. Terutama kesadaran membuang sampah pada tempatnya dan sesuai dengan waktu,”ungkapnya,Jumat (9/10/2820).

Menurut Ruselita, dengan adanya aturan membuang sampah pada tempatnya dan tepat waktu, maka masyarakat dapat selalu mentaati aturan yang sudah dibuat tersebut

“Intinya membuang sampah harus pada tempatnya. Juga waktu pembuangan sampah di tempat penampungan sampah (TPS) yang sudah ditentukan,”tambahnya lagi.

Lebih jauh legislator perempuan dari Partai Perindo ini mengungkap, salah satu faktor yang selama ini menjadi penyebab banjir dan genangan air di Kota Palangka Raya, lebih disebabkan tumpukan sampah yang menyumbat saluran air atau drainase.

Untuk itu dirinya mengharapkan agar masyarakat sadar akan kebersihan lingkungan dan berkomitmen untuk membuang sampah pada tempatnya serta tepat waktu.

Sebelumnya, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Palangka Raya Achmad Zaini menegaskan, ketentuan membuang sampah telah diatur dalam Perda dan Perwali Nomor 43 Tahun 2017 tentang pengelolaan sampah dan kebersihan.

“Masyarakat diperbolehkan membuang sampah ke TPS pada pukul 7 pagi sampai pukul 4 sore. Sedangkan transfer depo sampah pada pukul 4 pagi- pukul 11 siang dan pukul 3 sore, hingga pukul 10 malam,”bebernya.VD

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *