Barito TimurDPRD Barito TimurHEADLINE

Dibanding 2019, Pencaker Tahun Ini Lebih Sedikit

gerakkalteng.com – Tamiang Layang – Pandemi Covid-19 berdampak lesunya perekonomian yang kemudian berimbas pada sektor ketenagakerjaan.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Barito Timur, Darius Adrian mengungkapkan, jumlah pengangguran terbuka akibat pandemi Covid-19 mengalami peningkatan dibandingkan dengan situasi sebelum pandemi.

Menanggapi hal itu, kata Darius Adrian, kondisi tersebut mengakibatkan peluang kesempatan kerja yang cenderung menurun yang dibuktikan dengan dibeberapa perusahaan terjadi pengurangan karyawan.

“Dan juga laporan lowongan perkerjaan dari pihak perusahaan sampai dengan akhir tahun ini masih nihil,” ucap Darius Adrian, Rabu (11/11/2020).

Darius Adrian mengungkapkan, berdasarkan data terbaru tingkat pencari kerja Januari sampai dengan Oktober tahun 2020 berjumlah 737 orang, sedangkan ditahun 2019 yang mencapai jumlah 1.799 orang, katanya.

Dijelaskan Darius Adrian, angka pencari kerja menurun disebabkan adanya kondisi wabah Pandemi Covid-19 yang menyebar di seluruh Indonesia, termasuk Kabupaten Barito Timur.

Ditambahkan Darius Adrian, sebab pemerintah akan rencana membuka pencaker lewat syestem online. Supaya masyarakat yang jauh agar segera bisa membuka alamat website tersebut.

“Tapi untuk sementara, kita masih ada kendala yaitu jaringan, dan beberapa perangkat lainya,” ujarnya.

Diharapkan, dengan adanya syestem pendaftaran secara online agar mempermudah bagi pencari kerja. Kasihan masyarakat yang jauh datang kekantor, dengan adanya syestem online ini bisa meringankan beban masyarakat yang ingin mencari Perkerja.

“Tapi karena pandemi, sementara memang berkurang banget. Kita berdoa saja Mudah-mudahan pandemi covid-19 akan segera berakhir,” pungkasnya. (SOG)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *