Barito Timur

Bupati Sampaikan Pidato Presiden Saat Peringatan Hari Bela Negara Ke 74 Tahun Di Halaman Kantor Bupati Barito Timur

Foto : Bupati Barito Timur, Ampera A.Y Mebas saat memimpin apel di halaman kantor Bupati Barito Timur, Senin (19/12/2022).

Gerakkalteng.com – Tamiang Layang – Hari bela negara merupakan salah satu hari penting nasional yang diperingati pada tanggal 19 Desember setiap tahunnya. Peringatan Hari Bela Negara 19 Desember diatur berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2006.

Tahun 2022 ini adalah peringatan ke-74 tahun Hari Bela Negara berdasarkan sejarahnya yang dilatarbelakangi oleh peristiwa pada 19 Desember 1948.

Di Barito Timur, upacara peringatan Hari Bela Negara tahun 2022 yang bertema “Bangkit Bela Negaraku, Jaya Indonesiaku,” itu digelar di Halaman Kantor Bupati Barito Timur, Senin (19/12/2022).

Bupati Barito Timur, Ampera A.Y Mebas, yang menjadi pembina apel membacakan pidato presiden RI Joko Widodo. Warga negara harus memiliki semangat, kesadaran, dan kemampuan bela negara. Kita harus mempunyai daya tangkal dan ketangguhan dalam menghadapi situasi yang semakin berkembang pesat dan kompleks disegala bidang. Oleh karena itu kita harus terus membangun Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul, produktif, inovatif, berdaya saing serta memiliki kesadaran bela negara.

Bela Negara adalah sikap, perilaku, dan tindakan warga negara, baik secara perseorangan maupun kolektif dalam menjaga kedaulatan, keutuhan wilayah, serta keselamatan bangsa dan negara. Bela Negara juga merupakan kehormatan bagi setiap warga negara yang dilaksanakan dengan penuh kesadaran, tanggung jawab dan rela berkorban dalam pengabdian kepada bangsa dan negara.

Masih mengutip dari sambutan tertulis Presiden RI, Bupati Ampera, mengemukakan, nilai Dasar Bela Negara adalah Cinta Tanah Air, Sadar Berbangsa dan Bernegara, Setia pada Pancasila sebagai Ideologi Negara; Rela Berkorban untuk Bangsa dan Negara, dan Kemampuan Awal Bela Negara. Nilai-nilai inilah yang harus terus diimplementasikan dalam Program Pembinaan Kesadaran Bela Negara, baik itu di lingkungan pendidikan, lingkungan pekerjaan, maupun lingkungan masyarakat pada umumnya.

“Pada peringatan Hari Bela Negara ke-74 Tahun 2022 ini, saya mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama menunaikan tugas dan tanggung jawab sesuai dengan peran dan profesi kita masing- masing, untuk ikut serta dalam Bela Negara,” pintanya.

“Jadikan hari ini sebagai momentum bagi kita semua untuk semakin meningkatkan kesadaran, semangat, serta kewajiban dalam membela negara, membangun bangsa, dan mempertahankan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kita cintai,” tambah Ampera.

Selain unsur Forkopimda, upacara tersebut dihadiri oleh para pimpinan OPD, dengan peserta Upacara terdiri dari satpol PP Damkar, Korpri. (ags)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!