DPRD Kotawaringin Timur

Kembangan Pertanian, Perkebunan dan Perikanan di Kotim

"Untuk Wilayah Selatan dan Tengah, masyarakat kita banyak bergelut di sektor pertanian dan perikanan. Potensi ini harus terus dikembangkan untuk meningkat­kan kesejahteraan masyarakat di sana," ungkap Syahbana.

gerakkalteng.com – SAMPIT – Sektor pertani­an, perkebunan dan perikanan menjadi tiga sektor andalan di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim). Anggota DPRD Kotim, Syahbana meminta agar pemkab terus memperkuat dan mengem­bangkannya.

“Untuk Wilayah Selatan dan Tengah, masyarakat kita banyak bergelut di sektor pertanian dan perikanan. Potensi ini harus terus dikembangkan untuk meningkat­kan kesejahteraan masyarakat di sana,” ungkap Syahbana.

Politisi Partai NasDem terse­but untuk bidang perkebunan karet dan rotan ini jumlahnya diperkirakan sekitar 50 ribu orang yang bergantung disektor itu termasuk sawit.

Sementara perikanan juga demikian, saat ini banyak masya­rakat yang berusaha di sektor itu terutama mereka yang tinggal di wilayah pesisir.

Ke tiga sektor ini dianggap mampu untuk mempercapat perbaikan kondisi ekonomi ma­syarakat dan ekonomi di daerah secara umum di tengah gempu­ran pandemi Covid-19.

“Fomulasi penguatan ekonomi yang paling tepat itu dimulai dari  optimalisasi  sekaligus  pemberdayaan dari pemerintah kabupaten untuk usaha pertanian, perkebunan rakyat, perikanan, hingga kepada pemasarannya,” ucapnya.

Dengan cara itu dirinya yakin bisa berjalan dengan cepat untuk bangkit dari keterpurukan akibat pandemi Covid-19 ini.

Menurut Syahbana Pemerintah kabupaten harus melihat pelu­ang semua kegiatan itu supaya  ekonomi yang terpuruk di tahun 2020 lalu bisa bangkit dengan akselerasi cepat. (sog)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *