DPRD Kotawaringin Timur

Pemkab Kotim Diminta Antisipasi Banjir

"Pemerintah harus segera menyiapkan langkah antisipasi, terutama di beberapa titik yang rawan terjadi banjir, seperti di daerah hulu," ujar Rimbun.

GERAKKALTENG.com – SAMPIT – Tingginya intensi­tas hujan belakangan ini menga­kibatkan daerah yang berdataran rendah rawan banjir.

Karenanya, Anggota Komisi I DPRD Kotim Rimbun, meminta agar pemkab setempat melaku­kan antisipasi mulai sekarang.

“Pemerintah harus segera menyiapkan langkah antisipasi, terutama di beberapa titik yang rawan terjadi banjir, seperti di daerah hulu,” ujar Rimbun.

Disebutkan Politisi PDIP terse­but, di daerah hulu belum lama ini juga diterjang banjir besar, yang menenggelamkan banyak rumah warga hingga ribuan kepala keluarga terdampak.

“Maka kondisi yang pernah kita alami itu harus menjadi pelajaran,” katanya.

Artinya, lanjut Rimbun,  jangan sampai setelah terjadi banjir baru pemerintah baru melakukan persiapan. Alangkah baiknya sudah jauh-jauh hari lakukan antisipasi, bisa juga dengan memberi imbauan atau peringatan kepada masyarakat.

Diketahui, sesuai prediksi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisikan Bandar Udara H Asan Sampit, musim hujan masih akan berlangsung di bulan Januari hingga April 2021.

“Langkah awal harus melakukan pengecekan sarana dan prasarana perlengkapan penanganan banjir, serta kesiapan petugas siaga banjir. Harus intens melakukan koordinasi dengan pemerintah desa dan kecamatan,” pungkasnya. (sog)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *