DPRD Kotawaringin TimurKotawaringin Timur

Pulihkan Ekonomi Melalui Pengembangan Sektor Pertanian Kotim

GERAKKALTENG.com – SAMPIT – Sekertaris Komisi II DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur, Juliansyah menilai bahwa sektor pertanian sangat berpotensi besar untuk membantu dan mempercepat pemulihan perekonomian masyarakat di tengah pandemi Covid-19, yang masih terjadi hingga saat ini.

“Sektor pertanian dapat menguatkan ekonomi masyarakat saat pandemi Covid-19 yang masih terjadi,” ujarnya, saat dibincangi di ruang kerjanya Jumat (8/1/2021).

Selain itu, lanjutnya, perkebunan, peternakan dan perikanan, maka dari pemerintah juga harus diminta untuk membantu pemasarannya. Sehingga perekonomian dapat berjalan dengan cepat dan masyarakat mendapatkan penghasilan. Menurut Juliansyah pandemi Covid-19 juga membuat banyak warga kehilangan pekerjaan, maka dari itu pemerintah daerah diminta berupaya untuk memulihkan perekonomian ditengah pandemi virus mematikan itu. Dan melakukan terobosan-terobosan dalam rangka mempercepat pemulihan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Kotim ini.

“Kalau bidang pertanian diperkirakan tetap bertahan dan akan membaik karena menyangkut pemenuhan kebutuhan pokok atau konsumsi masyarakat. Masyarakat tetap membutuhkan bahan makanan sehingga hasil produksi pertanian tetap dicari oleh masyarakat,” ucapnya.

Politikus Partai Gerindra ini juga mengatakan masyarakat Kabupaten Kotim juga menggantungkan hidup dari hasil bidang pertanian dalam arti luas seperti tanaman pangan, kelapa sawit, rotan dan karet serta perikanan, seperti di Kecamatan Cempaga, Cempaga Hulu, Kota Besi, Parenggean dan kecamatan lainnya di wilayah utara. Hingga saat ini masih banyak warga yang mengandalkan penghasilan dari komoditas rotan dan karet.

“Untuk wilayah selatan dan tengah mengandalkan pertanian pangan, kalau sektor pertanian terus membaik, maka dampaknya akan sangat besar terhadap pemulihan ekonomi masyarakat, khsususnya terhadap para petani kita di daerah selatan,” kata Juliansyah.

Dirinya juga mengatakan sangat optimis tahun ini ekonomi masyarakat dapat bangkit di segala bidang. Menurutnya pemerintah daerah harus memberikan kebijakan-kebijakan, untuk menunjang ekonomi masyarakat tersebut dan harus melihat peluang untuk memacu semua kegiatan supaya ekonomi yang terpuruk pada tahun 2020 lalu bisa bangkit di tahun 2021 ini. (sog)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *