Kotawaringin Timur

Semua Pimpinan dan Tokoh Divaksinasi Lebih Dahulu

“Sesuai surat Dinas Kesehatan Kalteng, vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Kotim akan dilaksanakan pada Februari 2020,” ungkap Kadinkes Kotim, dr Faisal N Cahyanto, Rabu (13/1/2021).

GERAKKALTENG.com – SAMPIT – Kendati pusat sudah menetapkan jadwal pelaksanaan vaksinasi Covid-19, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) mendapat giliran tahap pertama pada Februari 2021.

“Sesuai surat Dinas Kesehatan Kalteng, vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Kotim akan dilaksanakan pada Februari 2020,” ungkap Kadinkes Kotim, dr Faisal N Cahyanto, Rabu (13/1/2021).

Dia menjelaskan, vaksinasi nanti akan didahului pimpinan dan tokoh daerah. Adapun tanggal pelaksanaan, pihaknya belum mengetahui sambil menunggu arahan Dinkes Kalteng.

“Vaksinasi nanti didahului sekitar  sepuluh pimpinan dan tokoh daerah di Kotim,” tandasnya.

Fasial menuturkan, secara umum persiapan tempat, sarana prasarana (sarpas) dan sumber daya manusia (SDM) sudah siap untuk melakukan vaksinasi. Sebanyak 22 Puskesmas tempat pelaksanaan sudah melakukan simulasi.

Adapun, beber Faisal  vaksinasi tidak bisa dilakukan terhadap orang yang sudah pernah terpapar Covid-19, ibu hamil dan menyusui, menjalani terapi jangka panjang terhadap penyakit kelainan darah dan penderita penyakit jantung.

“Penderita penyakit autoimun juga tidak boleh. Sakit ginjal, penderita reumatik autoimun, penyakit pencernaan kronis, penderita kanker dan HIV/AIDS,” terang Faisal.

Hal ini dilakukan, kata Mantan Kepala Kesehatan Pelabuhan itu, sebagai langkah dan upaya warga yang menderita penyakit tersebut tidak membahayakan diri mereka.

Kadinkes menambahkan, tidak ada syarat khusus sesungguhnya bagi orang yang akan diberi vaksin sepanjang kondisi tubuh calon penerima vaksin sehat dan tidak dalam kondisi sakit. Jika tubuh mengalami demam, artinya vaksin sedang bekerja dan tubuh memberikan reaksinya. (sog/agg)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *