Gunung Mas

Musrenbang jadi Momen Penting Pembangunan

KUALA KURUN – Kegiatan musyawarah perencanaan pembangunan (musrenbang) rencana kerja pembangunan daerah (RKPD) tahun 2024 merupakan momen yang penting.

Hal ini diungkapkan Bupati Gumas, Jaya S Monong dalan sambutan tertulis yang dibacakan oleh Wakil Bupati Gunung Mas Efrensia L.P Umbing dalam kegiatan Musrenbang RKPD tahun 2024 Kabupaten Gunung Mas di aula Bappedalitbang, Selasa (21/3/2013).

“Musrenbang ini merupakan momen penting untuk menyatukan pola pikir atau aspirasi dari berbagai unsur pelaku pembangunan,” sebut Efrensia membacakan sambutan bupati.

Diungkapkannya, musrenbang RKPD Tahun 2024 Kabupaten Gunung Mas juga untuk mengintegrasikan aspirasi-aspirasi tersebut dengan berbagai bidang urusan pemerintahan. Baik yang bersifat wajib maupun pilihan serta bersifat sektoral maupun lintas sektoral dari pemerintah provinsi dan pusat.

Ia juga menjelaskan bahwa musrenbang tersebut dilaksanakan dengan pendekatan partisipatif yang dilaksanakan dengan melibatkan semua pemangku kepentingan. “Melibatkan semua pemangku kepentingan ini dimaksudkan untuk menyerap aspirasi sesuai kebutuhan pembangunan serta untuk membangkitkan rasa memiliki terhadap hasil-hasil pembangunan,” terangnya.

Dikatakannya juga bahwa musrenbang merupakan wahana strategis bagi para pihak dalam memberikan masukan serta merumuskan perencanaan pembangunan serta kolaboratif dengan melibatkan pelaku pembangunan. Pelaku pembangunan yang dimaksud yakni pihak eksekutif, legislatif, masyarakat, swasta atau dunia usaha demi mewujudkan kesejahteraan masyarakat. (rik/sog)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!