Uncategorized

Ini Isu yang Dibahas Dalam Raker Saber Pungli Kalteng

FOTO : Inspektur Kalteng, H. Sapto Nugroho bersama Kapolda Kalteng, Irjen Pol Dedi Prasetyo foto bersama pada Raker Satgas Saber Pungli di Swiss Bell Hotel Danum Palangka Raya, Kamis (18/2/2021).

Palangka Raya – GERAKKALTENG.COM – Inspektur Provinsi Kalimantan Tengah, H. Sapto Nugroho mewakili Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran hadiri Rapat Kerja Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) UPP ­Kalteng tahun 2021 di Swiss Bell Hotel Danum Palangka Raya, Kamis (18/2/2021).

Rapat itu dibuka langsung Kapolda Kalteng Irjen Pol Dedi Prasetyo. Dalam sambutannya Dedi menyampaikan bahwa satuan tugas Saber pungutan liar mempunyai tugas yakni melakukan penanggulangan dan pemberantasan pungutan liar secara efektif dan efisien dengan memanfaatkan personel satuan kerja dan prasarana yang baik yang berada di pemerintahan daerah.

Dirinya berharap melalui kegiatan rapat kerja ini dapat ditemukan solusi dalam menghadapi pengaduan masyarakat terhadap pungutan liar.

Sementara itu, Inspektur Provinsi Kalteng, H. Sapto Nugroho menuturkan bahwa guna mewujudkan masyarakat yang sejahtera di dalam Negara yang demokratis dan berkeadilan, diperlukan langkah­langkah dan prioritas utama dalam berbagai program. Salah satu aspek di dalam mewujudkan program yang bernilai strategis tersebut adalah masyarakat yang bersih dari praktik KKN, termasuk pungutan liar.

“Dalam memberantas pungutan liar, maka Satuan Tugas Saber Pungli diminta terus meningkatkan kinerjanya, walaupun diketahui bersama bahwa saat ini masih dalam kondisi pandemi Covid­-19. Selain itu, dalam memberantas pungutan liar, jangan berfokus kepada jumlah kerugian yang ditimbulkan. Namun fokus kepada bagaimana strategi memberantas dan mematikan akar budaya dari pungutan liar,” ujarnya.

Terakhir, seluruh satuan tugas Saber Pungli di Kalteng bukan hanya sekedar menjadi aparat yang hanya bisa menindak oknum pelaku pungutan liar saja, namun seharusnya juga mampu menjadi panutan atau contoh dalam menerapkan perilaku anti pungutan liar.

“Saya mengajak seluruh pemangku kepentingan agar dapat mempertahankan capaian-­capaian yang sudah dinilai bagus, serta segera meningkatkan capaian­-capaian yang masih perlu diperbaiki dan ditingkatkan,” pintanya. (kominfo/Sog)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *