Kotawaringin Timur

Terkait Stunting, Ini Pinta Wabup Kotim

“Untuk menurunkan angka stunting, menjadi tanggung jawab semua pihak,” tegas Wakil Bupati Kotawaringin Timur, Taufiq Mukri.

GERAKKALTENG.com – SAMPIT – Pemkab Kotawaringin Timur ajak seluruh lapisan masyarakat ikut terlibat dalam aksi cegah stunting. Kotim sendiri merupakan salah satu daerah di Kalteng dengan tingkat stunting tertinggi.

“Untuk menurunkan angka stunting, menjadi tanggung jawab semua pihak,” tegas Wakil Bupati Kotawaringin Timur, Taufiq Mukri.

Menurutnya, selain pemerintah, swasta, masyarakat juga ikut andil melakukan aksi cegah stunting khususnya bagi ibu hamil, dengan pemenuhan nutrisi dari mulai bayi dalam kandungan.

Bukan hanya tupoksi dari SOPD yang bertanggung jawab terhadap intervensi gizi, ujar Taufik Mukri, namun juga jajaran sektor yang bertanggung jawab terhadap intervensi gizi sensitif atau di luar kesehatan.

Termasuk juga, tambahnya, masyarakat, pihak swasta, dunia usaha dan seluruh lapisan strata sosial. Wabup mengatakan, intervensi stunting dilakukan dalam bentuk berbagai program dan kegiatan oleh para pemangku kepentingan, baik intervensi gizi spesifik dan intervensi gizi sensitif.

Dikatakannya, untuk mengatasi masalah stunting ini salah satu cara yakni dengan gemar mengonsumsi ikan. Dikatakannya, Kotim tidak seharusnya berada di deretan Kabupaten yang angka stuntingnya tinggi, karena wilayah ini terdapat banyak ikan.

“Harusnya kita malu kalau Kotim tinggi angka stuntingnya. kita punya banyak ikan begitu juga telur, ayam, daging, sayur mayur serta buah. Semuanya ada,” ujarnya.

Untuk itu, Pemkab terus melakukan berbagai upaya menangani masalah stunting. Mengingat Kotim merupakan salah satu daerah di Kalteng dengan tingkat stunting tertinggi.

Dia membeberkan, walaupun warisan genetik turut berpengaruh terhadap kecerdasan anak, namun kandungan gizi dari makanan yang dikonsumsi berpengaruh lebih besar. Untuk itulah, anak-anak harus didorong agar gemar mengonsumsi ikan sejak dini.

Wabup dua periode ini menambahkan, mengonsumsi ikan sangat baik bagi kesehatan. Apalagi ikan memiliki protein tinggi. Inilah kenapa ikan merupakan salah satu cara untuk mengatasi stunting.

 “Pemkab Kotim sangat konsen dalam penurunan angka stunting. Inilah kenapa sebabnya gemar makan ikan sangat penting,” pungkasnya. (sog/agg)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *