DPRD Gunung Mas

Anggota BPD Usul Kenaikan Tunjangan

”Salah satu usulan yang paling banyak disampaikan dalam pelaksanaan reses beberapa waktu lalu adalah, menginginkan adanya kenaikan tunjangan untuk para anggota BPD,” ucap Anggota DPRD Kabupaten Gumas Arit S Bajau, Selasa (9/3/2021).

 

GERAKKALTENG.com – KUALA KURUN – Dalam pelaksanaan reses anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gunung Mas di daerah pemilihan (dapil) I yang mencakup Kecamatan Kurun, Mihing Raya, dan Sepang, sejumlah anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) menginginkan kenaikan tunjangan.

”Salah satu usulan yang paling banyak disampaikan dalam pelaksanaan reses beberapa waktu lalu adalah, menginginkan adanya kenaikan tunjangan untuk para anggota BPD,” ucap Anggota DPRD Kabupaten Gumas Arit S Bajau, Selasa (9/3/2021).

Dia mengatakan, memang sekarang ini terdapat perbedaan besaran tunjangan antara anggota BPD dengan tunjangan Ketua, Wakil Ketua, maupun Sekretaris BPD. Dengan usulan tersebut, diharapkan perbedaan tunjangan itu menjadi tidak terlalu besar.

”Dalam usulan yang disampaikan, besaran tunjangan juga diharapkan dapat disesuaikan dengan Upah Minimum Kabupaten (UMK) Kabupaten Gumas pada tahun 2021, yakni Rp 2,9 juta,” tutur Politikus Partai Beringin Karya (Berkarya) ini.

Selain usulan kenaikan tunjangan anggota BPD, lanjut dia, selama pelaksanaan reses, juga ada usulan perbaikan infrastruktur, bidang kesehatan, pendidikan, dan pemberdayaan masyarakat.

”Nantinya, usulan ini akan kami tampung dan membahasnya lebih lanjut dan mendalam dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat, melalui Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) terkait,” ujarnya.

Dia menambahkan, selama pelaksanaan reses, penerapan protokol kesehatan (prokes) pencegahan Covid-19 selalu diperhatikan, dimana para peserta yang hadir wajib mengenakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan di air bersih mengalir, dan menghindari kerumunan.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat  dan Desa (DPMD) Kabupaten Gumas Yulius mengakui, saat ini besaran tunjangan anggota BPD Rp 1,7 juta per bulan. Sedangkan, besaran tunjangan Ketua BPD Rp 2,3 juta, Wakil Ketua Rp 2,1 juta, dan Sekretaris Rp 1,9 juta.

”Tentu kami menyambut baik atas keinginan kenaikan tunjangan anggota BPD. Usulan ini juga bisa diusulkan melalui camat di wilayah masing-masing, kepada Bupati Gumas melalui tim anggaran,” terangnya. (hms/sog)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *