DPRD Gunung MasGunung Mas

Bupati Lepas Kontingen FTIK-IX

GUNUNG MAS, GERAKKALTENG.COM – Bupati Gunung Mas, Arton Dohong melepas secara resmi Kontingen FTIK-IX (Festival Tandak Intan Kaharingan Ke-IX Gunung Mas di Pandopo Rumah Jabatan Bupati Gunung Mas, (25/11/18).

Pelepasan Kontingen ini dihadiri Anggota Dewan Kabupaten Gunung Mas Poli L.Mihing, S.Pd Kepala Dinas Sosial Drs.Budhy, Kepala Dinas Dukcapil, Barthel.

Disela acara pelepasan kontingen FTIK-IX tersebut, Bupati Gunung Mas, Arton Dohong mengatakan dirinya berharap kotingen Kabupaten Gunung Mas sunguh-sungguh melaksanakan kegiatan ini dengan baik, dan bagi Panitia Kontingen agar peserta yang ikut lomba supaya diurus, dijaga dan dibimbing peserta kita yang dari Kabupaten Gunung Mas.

Kepada seluruh Kontingen yang berangkat ke Kabupaten Tamiang Layang jangan membuat onar atau membuat masalah di tempat orang dan saya akan selalu memantau kegiatan ini sampai selesai, kedesiplinan dan sportivitas yang diutamakan.

“Masalah menang dan juara itu belakangan, dan saya harapkan berangkatan kontingen dalam keadaan sehat, pulangnya pun dengan keadaan selamat,” pesan Bupati.

Sementara, Ketua Kontingen Ucun A.Tingang dalam laporannya, mengatakan Surat Keputusan Direktur Jenderal bimbingan Hindu dan Budha tentang pengukuhan majelis besar agama Hindu Kaharingan sebagai lembaga keagamaan.

Menurutnya, hasil rapat ketua panitia Lembaga Pengembangan tandak upacara keagamaan umat Hindu Kaharingan kabupaten/kota di Kalimantan Tengah yang dilaksanakan di Kuala Kurun tahun 2016 tentang penetapan penyelenggaraan festival tandak Intan Kaharingan ke-IX tingkat pusat tahun 2018 di kabupaten Barito Timur.

Festival Tandak Intan Kaharingan ke-IX tingkat provinsi Kalimantan Tengah tahun 2018 ini, sebagai tuan rumah adalah kabupaten Barito timur. Untuk pembukaan dilaksanakan pada tanggal 28 November dan penutupan dilaksanakan pada tanggal 29 November tahun 2018.

Sedangkan lomba dimulai pada tanggal 27 s/d 29 November 2018 dan Kontingen sudah kembali ke daerah masing-masing pada tanggal 30 November 2018.

Adapun cabang yang diperlombakan yaitu Kandayu beregu dan perorangan, tandak manadak, pembacaan kitab suci panaturan dan penerjemahannya, penyampaian pandehen atau siraman rohani, Cerdas Cermat yang bernafas keagamaan Hindu Kaharingan, tarian bernafaskan agama Hindu Kaharingan, karungut bernafaskan agama Hindu Kaharingan, vocal group lagu rohani bernafaskan agama Hindu Kaharingan, menyiapkan sarana dan prasarana Basarah, Karnaval.

Peserta yang berangkat ke kabupaten Barito Timur terdiri dari panitia sebanyak 58 orang pelatih dan pendamping sebanyak 33 orang peserta sebanyak 75 orang, jelas Ucun. (Wan)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!