DPRD Gunung MasGunung Mas

Musrenbang Tingkat Kecamatan Tewah Digelar

MUSRENBANG : Asisten III Setda kabupaten Gunung Mas, Yulius Agau, membuka kegiatan Musrenbang tingkat Kecamatan Tewah, di aula kecamatan setempat, Senin (14/2/2022). Foto Nya

KUALA KURUN,GERAKKALTENG.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunung Mas (Gumas) menggelar kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan Tewah.

Musrenbang tersebut turut dihadiri kalangan anggota DPRD Gunung Mas, serta jajaran OPD dilingkup pemkab setempat, serta perangkat desa yang ada di kecamatan tersebut.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Gunung Mas, Yansiterson melalui Asisten III, Yulius Agau mengatakan, musrenbang tsebagai wadah untuk audiensi dan mendengar secara langsung masukan serta usulan dari masyarakat.

Dilaksanakannya musrenbang itu jelas dia, sesuai dengan Permendagri Nomor 86 Tahun 2017, dimana periode musrenbang tingkat kecamatan dilaksanakan paling lambat minggu ke dua di bulan Februari.

“ Proses perencanaan pembangunan tahun 2023 ini tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya. Namun kami ingatkan dalam proses musrenbang ini semuanya
tetap menerapkan disiplin protokol kesehatan, mengingat kondisi masih pandemi,”ucap Yulius saat pembukaan musrenbang tersebut, Senin (14/2), di Aula Kecamatan Tewah.

Lebih jauh Yulius menyampaikan, pemerintah perlu melakukan penelaahan kembali terhadap rencana jangka menengah, mengingat pada tahun 2020 hingga 2022 ini, semua program akan dilakukan pengalihan dalam rangka antisipasi penanganannya Covid-19.

“Permasalahan sudah dirumuskan pada saat musrenbang tingkat desa/kelurahan, sehingga dapat dianalisa dengan seksama oleh semua pihak, untuk diwujudkan menjadi program strategis yang mampu menjawab permasalahan dan tidak keluar dari RPJMD Gunung Mas tahun 2019-2024,” terangnya.

Perlu diketahui tambah Yulius, program strategis pembangunan harus tetap mengacu pada arah kebijakan pembangunan dalam perubahan RPJMD tahun 2019-2024.

Adapun tema atau agenda pembangunan dalam rancangan awal RKPD Kabupaten Gunung Mas pada tahun 2023 ini yakni, peningkatan kualitas dan pemerataan.

“Jadi, dalam mewujudkan agenda pembangunan yang dilandasi dengan semangat berjuang, maka pemerintah telah menentukan arah kebijakan pembangunan di tahun 2023, yang sudah tertuang di RPJMD tersebut,”pungkasnya. (nya)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *