DPRD Gunung MasGunung Mas

Bijaksana Bebaskan Anak Memilih Jurusan di Perguruan Tinggi

GERAKKALTENG – KUALA KURUN – Pada tahun pelajaran 2019/2020, 1.275 orang peserta didik jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat di Kabupaten Gunung Mas dinyatakan lulus 100 persen. Rinciannya, peserta didik SMA sebanyak 1.074 orang dan SMK 201 orang.

”Kepada peserta didik yang sudah dinyatakan lulus itu, kami minta kepada seluruh orangtua untuk bersikap bijaksana dengan membebaskan anak mereka memilih jurusan di perguruan tinggi,” ucap Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gumas Iceu Purnamasari, Minggu (10/5/2020).

Legislator dari daerah pemilihan (dapil) I mencakup Kecamatan Kurun, Mihing Raya, dan Sepang ini mengatakan, setiap orangtua harus mendampingi anak dalam menentukan pilihan jurusan di perguruan tinggi, sehingga pilihan jurusan sesuai dengan minat dan bakat anak.

”Pendampingan yang dilakukan bukan untuk mengarahkan anak agar memilih jurusan sesuai keinginan orangtua, tetapi agar anak berpikir secara matang dan dewasa dalam menentukan pilihan jurusan di perguruan tinggi,” tuturnya.

Politikus Partai Golongan Karya (Golkar) ini berharap kepada peserta didik SMA sederajat yang baru dinyatakan lulus, agar memilih jurusan yang sesuai dengan keinginan mereka, bukan atas paksaan atau kemauan dari orangtua.

”Di tengah kegelisahan karena pandemi virus korona atau covid-19, kami ingin peserta didik SMA sederajat di daerah ini tetap semangat dalam mengejar cita-cita, dengan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi,” ujarnya. (agg/hms)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *