DPRD Pulang PisauPulang Pisau

Tingkatkan Derajat Kesehatan Masyarakat

Dinkes Pulpis foto bersama usai Pertemuan Penguatan Program Indonesia Sehat, diikuti seluruh perwakilan Puskesmas se-Pulpis.

PULANG PISAU, Gerakkalteng.com- Dinas Kesehatan Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis) menggelar Pertemuan Penguatan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK).

Kegiatan tersebut digelar di aula Kantor Dinkes dengan diikuti 72 peserta perwakilan dari seluruh puskesmas di wilayah Pulpis, dengan menghadirkan Narasumber Hartini Agustina, Pengelola PIS-PK Provinsi Kalteng.

Kepala Dinas Kesehatan Pulpis dr Mulyanto Budihardjo melalui Kabid Kesehatan Masyarakat Ma’rup Kurkhi mengungkapkan, program Indonesia Sehat dilaksanakan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat melalui upaya pemberdayaan masyarakat yang didukung dengan perlindungan finansial dan pemerataan pelayanan kesehatan.

“Pelaksanakan program Indonesia Sehat diselenggarakan melalui pendekatan keluarga, yang mengintegrasikan Upaya Kesehatan Perorangan (UKP) dan Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) secara berkesinambungan dengan target keluarga, berdasarkan data dan informasi dari profil kesehatan keluarga.” katanya, rabu (06/2)

Menurutnya, pendekatan keluarga adalah salah satu cara puskesmas untuk meningkatkan jangkauan sasaran dan mendekatkan atau meningkatkan akses pelayanan kesehatan di wilayah kerjanya dengan mendatangi keluarga.

“Puskesmas tidak hanya menyelenggarakan pelayanan kesehatan di dalam gedung, melainkan juga keluar gedung dengan pendekatan keluarga dalam upaya menyelesaikan permasalahan kesehatan di wilayah kerjanya,” jelasnya.

Pria yang disapa Makruf itu menyampaikan, melaksanakan program keluarga sehat di Pulpis dapat dilakukan dengan cara meningkatkan pelayanan kesehatan.

“Kegiatan ini bertujuan sebagai penguatan program keluarga sehat. Sekaligus memberikan pemahaman tentang pelaksanaan, permasalahan dan kebijakan program keluarga sehat serta manajemen program Indonesia Sehat dengan pendekatan keluarga,” pungkasnya. (an)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!