Kotawaringin Timur

Perpanjang Runway Bandara H. Hasan Jadi Prioritas Pemerintah

“Perpanjangan runway Bandara H Asan Sampit jadi skala proritas. Pemkab Kotim akan mendukung dan siap memasilitasi percepatan pembangunannya,” kata Halikinnor, Selasa (16/3/2021).

GERAKKALTENG.com – SAMPIT – Pemkab Kotawaringin Timur mendukung penuh rencana pembangunan Bandara H Asan Sampit oleh Pemerintah Pusat melalui Ditjen Perhubungan Udara, Kemenhub RI.

Yang mana pada 2022 ini, salah satunya akan memperpanjang landasan pacu (runway) dengan anggaran APBN. Pernyataan itu disampaikan Bupati Kotim, Halikinnor saat melakukan monitoring dan evaluasi terkait pengembangan Bandara H Asan Sampit.

“Perpanjangan runway Bandara H Asan Sampit jadi skala proritas. Pemkab Kotim akan mendukung dan siap memasilitasi percepatan pembangunannya,” kata Halikinnor, Selasa (16/3/2021).

Dikatakannya, agar bisa didarati pesawat besar seperti boeing, runway bandara harus memperpanjang landasan pacu 2.250 meter. Pada dasarnya, kita mendukung dan mengupayakan proses pembebasan lahan bisa berjalan sesuai jadwal. Sehingga pada 2022 ini perpanjangan runway-nya bisa dilakukan.

Halikinnor berharap, masyarakat di sekitar kawasan bandara memahami kebijakan ini. Pemkab Kotim akan melakukan ganti rugi lahan terkait perpanjangan landasan pacu bandara.

“Anggaran untuk pembangunan fisik landasan pacu itu dari APBN dan akan dilakukan pada 2022. Sehingga pembebasan lahan butuh proses segera. Apapun resikonya Pemkab Kotim siap bertanggung jawab,” tegasnya.

Seperti diketahui, animo masyarakat Kotim dan sekitarnya bepergian keluar menggunakan jasa transportasi udara jadi perhatian Pemkab. Dimana jadwal pesawat yang beroperasional di Bandara H Asan Sampit terbatas, hanya dengan tujuan Sampit-Surabaya.

Dengan terbatasnya pesawat yang beroperasi di bandara tersebut, warga Kotim dan sekitarnya terpaksa harus ke Palangka Raya atau Banjarbaru Kalimantan Selatan untuk bepergian keluar Sampit dengan tujuan Jakarta. (sog/agg)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!