Kotawaringin Timur

Wakil Bupati Kotim Panen Perdana Cabai

"Kami berharap dukungan Bank Indonesia untuk petani di Kotim dapat diperluas, karena potensi pertanian daerah ini masih sangat besar, tetapi para petani terkendala. Harapan kami  Bank Indonesia terus dapat membantu  para petani di daerah ini," ujar Irawati.

GERAKKALTENG.com – SAMPIT Wakil Bupati Kotawaringin Timur, Irawati melakukan panen perdana kebun cabai milik kelompok tani Margo Mulyo di Jalan Sudirman Km 10 Kelurahan Pasir Putih, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang.

Kebun Lombok tersebut merupakan demplot atau percontohan yang dibantu Bank Indonesia Palangka Raya dan Dinas Pertanian Kotim.

Kegiatan juga dihadiri Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kalteng, Rihando, Camat Mentawa Baru Ketapang Sutimin yang merangkap Asisten I Sekda Kotim, Lurah Pasir Putih dan sejumlah pegawai dinas pertanian serta peserta kelompok tani Margo Mulyo.

Wakil Bupati dalam sambutanya menyampaikan terima kasih pada Bank Indonesia yang telah membantu petani Kotim.  Diharapkan kedepannya tidak hanya demplot saja, tetapi juga teknologi pengolahan air, seperti pembangunan embung disentral-sentral produksi.

Hal itu dapat membantu keberhasilan dalam bercocok tanam karena pada saat musim kemarau airnya dapat dipergunakan, sehingga usaha tani akan stabil, berkelanjutan serta dapat meningkat lagi.

“Kami berharap dukungan Bank Indonesia untuk petani di Kotim dapat diperluas, karena potensi pertanian daerah ini masih sangat besar, tetapi para petani terkendala. Harapan kami  Bank Indonesia terus dapat membantu  para petani di daerah ini,” ujar Irawati.

Dia menjelaskan, panen perdana cabai ini diharapkan dapat memotivasi petani lain lebih giat lagi bercocok tanam atau mengembangkan pertanian, karena sektor ini merupakan andalan pemerintah menjaga kestabilan pangan.

“Kami berharap panen cabe bisa memotivasi petani lainnya untuk terus mengembangkan pertanian, sehingga dapat menjaga kestabilan pangan dan diharapkan perekonomian petani meningkat, karena sektor pertanian merupakan andalan pemerintah dimasa pandemi Covid-19,” sampainya. (sog/agg)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *