DPRD Kotawaringin TimurKotawaringin Timur

Budidaya Porang Sangat Menjanjikan

"Hasil panen porang sangat menggiurkan, membuat para petani kita juga bersemangat membudidayakan porang. Bahkan pemerintah daerah juga akan menjadikan daerah ini sebagai penghasil porang terbesar di Indonesia," kata bupati saat dibincangi usai melakukan pemanenan.

SAMPIT – Bupati Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) H Halikinnor dan Wakil Bupati Irawati dan Ketua DPRD Dra Rinie, Plt Kadis Pertanian Sepnita dan pejabat lainnya mengikuti panen perdana porang milik petani di Jalan Jenderal Sudirman km 15 Sampit, Sabtu (24/4/2021).

Saat ini petani di Kabupaten Kotim baru membudidayakan porang dengan luas 20 hektare. Dan mereka panen setelah masa tanam dua musim atau sekitar 1,5 tahun. Hasilnya bisa mendapatkan umbi porang seberat 5 sampai 9 kilogram lebih.

“Hasil panen porang sangat menggiurkan, membuat para petani kita juga bersemangat membudidayakan porang. Bahkan pemerintah daerah juga akan menjadikan daerah ini sebagai penghasil porang terbesar di Indonesia,” kata bupati saat dibincangi usai melakukan pemanenan.

Menurutnya hasil panen juga sangat menjanjikan. Bisa mencapai ratusan juta rupiah dalam satu hektare itu, bahkan dirinya pun tidak kalah bersemangat sehingga mendorong masyarakat membudidayakan tanaman yang menghasilkan umbi-umbian tersebut.

“Kita berharap ke depannya masyarakat di Kabupaten Kotim tidak hanya membudidayakan porang saja, tetapi juga nanti kita ingin ada investor yang bisa membangun pabrik di sini dan mengekspor juga dari sini,” ujar Halikin.

Mantan Sekda ini juga mengatakan, Kabupaten Kotim sangat berpotensi menjadi penghasil porang terbesar di Indonesia karena tanahnya subur dan lahannya masih luas. Pemerintah Kabupaten juga akan menyiapkan bantuan seperti bibit dan lainnya untuk memotivasi para petani untuk melakukan penanaman Porang tersebut.

“Kami mengharapkan masyarakat untuk dapat memanfaatkan lahan telantar agar bisa ditanami porang sehingga lahan tersebut dapat produktif, apalagi hasil budidaya porang sangat menjanjikan untuk meningkatkan kesejahteraan para petani,” ucapan Halikin. (sog)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *