DPRD Kota Palangka RayaPalangka Raya

Gali Maksimal Potensi PAD

FOTO : Ketua Komis B DPRD Palangka Raya, Nenie A Lambung, Senin (3/5/2021).

PALANGKA RAYA – GERAKKALTENG. COM – Upaya meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD), jangan hanya berharap dari pajak dan retribusi saja, namun sumber-sumber potensial PAD dari sektor lainnya harus tetap digali.

“Kami selalu mendorong Pemerintah Kota Palangka Raya untuk terus menggali potensi dari berbagai sumber yang mampu menjadi PAD,”ungkap Ketua Komis B DPRD Palangka Raya, Nenie A Lambung, Senin (3/5/2021)

Memang sejauh ini kata dia, Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya, secara umum mampu meningkatkan capaian PAD. Terutama yang bersumber dari
pajak dan retribusi.

Akan tetapi, alangkah baiknya kata srikandi PDI Perjuangan Kota Palangka Raya ini, berbagai potensi dari berbagai sumber harus bisa dimanfaatkan dengan maksimal, guna lebih meningkatkan capaian PAD.

“Nah, untuk memanfaatkan dengan maksimal potensi -potensi PAD itu, maka diperlukan inovasinya yang mumpuni,”tambahnya.

Contohnya, potensi PAD yang seharusnya bisa digali oleh BUMD di bawah Pemerintah Kota Palangka Raya dapat dimaksimalkan kembali. Terutama melalui berbagai inovasi.

“Sebut saja PDAM, dimana sejauh ini perusahaan milik pemko ini hanya melayani air bersih untuk masyarakat. Seharusnya bisa memproduksi dan memasarkan air minum dalam kemasan. Prosesnya tinggal didukung oleh regulasi daerah,”cetusnya.

“Kemudian dalam pengembangannya, produk itu bisa dioptimalkan.Semisalkan mewajibkan acara rapat, acara kedinasan, hotel, cafe atau resto menggunakan air kemasan milik daerah tersebut,”pungkasnya.VD

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!