Katingan

Musim Kemarau di Katingan Diprediksi Awal Juni

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Katingan, Hap Baperdo, Senin, (24/5/2021), mengatakan untuk saat ini cuaca di Kabupaten Katingan cenderung berubah-ubah

Kasongan –  Dinas Lingkungan Hidup Katingan menyebut musim kemarau diprediksi bakal dimulai Juni 2021 mendatang.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Katingan, Hap Baperdo, Senin, (24/5/2021), mengatakan untuk saat ini cuaca di Kabupaten Katingan cenderung berubah-ubah.

Hap Baperdo mengatakan, prediksi musim kemarau bakal dimulai bulan Juni berdasarkan pemantauan cuaca di 13 wilayah kecamatan di Kabupaten Katingan. Data itu juga dibandingkan dengan BMKG Kalteng.

“Berdasarkan dua data itu akhir bulan Mei ini sudah mulai jarang hujan. Dan Juni 2021 mendatang diprediksi sudah memasuki musim kemarau,” kata Hap Bapperdo.

Musim kemarau tahun ini diperkirakan berlangsung selama empat bulan sampai September 2021.

“Prediksinya puncak kemarau tahun ini terjadi bulan Agustus -September 2021,” kata Hap Bapperdo.

Dia menjelaskan, cuaca wilayah Kabupaten Katingan dopengaruhi oleh fenomena El Nino. Akibatnya awal tahun ini wilayah Kabupaten Katingan terjadi cuaca panas hingga beberapa hari dan menyebabkan terjadinya kebakaran lahan.

Namun kemudian curah hujan tinggi dan berlangsung sampai bulan Mei ini.

Sedangkan kemarau tahun ini, imbuh Hap Bapperdo dikategorikan moderat. Artinya kemarau yang terjadi tidak ekstrem, tapi juga bukan kemarau basah.

Hap Bapperdo menyebut terakhir musim kemarau di Kabupaten Katingan terjadi pada tahun 2019. Sedangkan di tahun 2020 kemarin tidak terjadi kemarau. Pasalnya di sela musim kemarau ada turun hujan atau biasa disebut kemarau basah.

(tri)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!