DPRD Gunung MasGunung Mas

Sejumlah Desa Jadi Target Vaksinasi Rabies

”Selama vaksinasi rabies, kami meminta kepada masyarakat untuk membantu petugas yang melaksanakan vaksinasi rabies, bagi anjing, kucing, serta kera,” ucap Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gunung Mas (Gumas) Punding S Merang,  Senin (18/5/2021).

GERAKKALTENG.com – KUALA KURUN – Saat ini, vaksinasi rabies sudah dilaksanakan Dinas Pertanian Kabupaten Gunung Mas (Gumas), yang dimulai dari 17 Mei hingga 19 Mei 2021 mendatang. Tercatat, ada sejumlah desa di Kecamatan Kurun dan Mihing Raya yang akan menjadi sasaran vaksinasi tersebut.

”Selama vaksinasi rabies, kami meminta kepada masyarakat untuk membantu petugas yang melaksanakan vaksinasi rabies, bagi anjing, kucing, serta kera,” ucap Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gunung Mas (Gumas) Punding S Merang,  Senin (18/5/2021).

Politikus Partai Golongan Karya (Golkar) ini mengatakan, masyarakat dapat membantu menangkap, mengandangkan, dan merantai hewan peliharaannya, sehingga akan memudahkan petugas saat melaksanakan vaksinasi rabies.

”Dengan adanya dukungan dari masyarakat, maka diharapkan petugas dapat menjalankan tugas dengan efektif dan efisien, serta seluruh hewan peliharaan dapat divaksin,” ujarnya.

Dia menuturkan, vaksinasi rabies merupakan hal yang sangat penting untuk memastikan hewan peliharaan terbebas dari penyakit rabies. Ini dikarenakan rabies merupakan penyakit menular yang menyerang susunan saraf pusat, dan dapat mengakibatkan kematian.

”Meskipun mematikan, penyakit rabies dapat dicegah dengan rutin melakukan vaksinasi hewan. Untuk itu, kami mengimbau masyarakat yang memiliki anjing, kucing, dan kera, agar mengikutsertakan hewan peliharaan mereka dalam vaksinasi rabies,” tuturnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Gumas Rody Aristo, melalui Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Yuliana Elisabet mengakui, vaksinasi rabies dimulai di Desa Tumbang Lampahung, Tewang Pajangan, dan Tumbang Miwan, Kecamatan Kurun pada Senin (17/5).

Lalu, Desa Tumbang Tariak, Tumbang Hakau, dan Pilang Munduk, Kecamatan Kurun, Selasa (18/5). Kemudian, Desa Tumbang Empas dan Tuyun, Kecamatan Mihing Raya, pada Rabu (19/5).

”Pelaksanaan vaksinasi rabies di desa-desa tersebut, akan dimulai pada pukul 07.30 WIB sampai selesai,” terangnya.

Dia pun meminta bantuan kepada masyarakat yang memiliki hewan peliharaan seperti anjing, kucing dan kera, agar dapat menangkap, mengandangkan, dan merantai, demi mempermudah petugas melakukan vaksinasi rabies. (yog/sog)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!