Barito TimurDPRD Barito TimurHEADLINE

Bahas Penanganan Covid-19, Bupati Gelar Rapat Secara Virtual

“Perkembangan penularan covid-19 di Pulau Jawa saat ini sangat mengkhawatirkan diperparah lagi adanya varian baru yang lebih ganas, kita harus siap-siap dan sikapi dengan baik menghadapi keadaan ini supaya hal tersebut tidak terjadi di Kabupaten Barito Timur," kata bupati.

FOTO : Bupati Barito Timur, Ampera A.Y Mebas pimpin rapat terkait penangan Covid-19 pasca libur lebaran tahun 2021.

Gerakkalteng.com – Tamiang Layang – Dalam menyikapi perkembangan Covid-19 skala nasional yang terus meningkat angka penularannya pasca libur lebaran tahun 2021, Satuan Tugas (satgas) Penanganan Covid-19 Kabupaten Barito Timur mengadakan Rapat Koordinasi (Rakor) secara virtual, Selasa (22/6/2021).

Rakor tersebut dipimpin langsung oleh Bupati Barito Timur, sekaligus sebagai Ketua Satgas Bapak Ampera A.Y. Mebas bersama dengan seluruh anggota Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Barito Timur.

Bupati Barito Timur, Ampera A.Y Mebas dalam arahannya menyampaikan bahwa rakor ini dalam rangka menyikapi angka penularan covid-19 secara nasional yang terus meningkat dan mengingatkan kembali agar seluruh jajaran baik Satgas Penanganan Covid Kabupaten, Kecamatan, Desa/Kelurahan di Kabupaten Barito Timur meningkatkan kewaspadaan dan jangan sampai lengah.

“Perkembangan penularan covid-19 di Pulau Jawa saat ini sangat mengkhawatirkan diperparah lagi adanya varian baru yang lebih ganas, kita harus siap-siap dan sikapi dengan baik menghadapi keadaan ini supaya hal tersebut tidak terjadi di Kabupaten Barito Timur,” kata bupati.

Lanjutnya, Bupati Barito Timur, Ampera A.Y Mebas memberikan arahan agar seluruh satgas baik kabupaten, kecamatan, desa dan kelurahan lebih tegas memperketat peraturan dan proteksi wilayah masing-masing dari potensi penyebaran covid-19 sesuai aturan yang sudah dikeluarkan.

“Aturan sudah ada baik perbub, edaran Mendagri, Gubernur maupun peraturan pemerintah lainnya, yang belum ini adalah ketegasan dalam melaksanakannya,” ungkap bupati.

Disampaikan oleh Bupati, agar selalu menerapkan protokol kesehatan 5M (mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan, mengurangi mobilitas) dan pengawasan lebih ketat lagi pada kegiatan-kegiatan masyarakat yang mengumpulkan orang banyak yang memiliki potensi tinggi menyebabkan penularan serta aparat pemerintah dapat memberi contoh untuk menyadarkan masyarakat untuk mencegah penularan.

“Acara-acara dimasyarakat dilakukan pengawasan sesuai aturan yang ada karena sering kali abai terhadap protokol kesehatan, seperti kegiatan adat, acara perkawinan, upacara kematian dan kegiatan mengumpulkan orang banyak lainnya, dan juga kita sebagai aparat pemerintah harus memberi contoh kepada masyarakat,” papar bupati.

Bupati sedikit menambahkan, bahwa Pemerinah Kabupaten Barito Timur serius dan sungguh-sungguh dalam penanganan covid di Kabupaten Barito Timur, seperti sudah menyalurkan dana penanganan covid ke kecamatan-kecamatan dan desa, mendorong dinas terkait untuk mempercepat pelaksanaan vaksinasi, menjamin ketersediaan vaksin, menjaga ketersediaan obat-obatan,ketersediaan tabung oksigen dan bahan swab antigen. (ags)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!