DPRD Kota Palangka RayaPalangka Raya

Manfaatkan Sumur Bor Bantu Cegah Dini Karhutla

FOTO : Wali Kota Palangka Raya,Fairid Naparin saat meninjau Keberadaan sumur bor , Sabtu (12/6/2021).

PALANGKA RAYA – GERAKKALTENG. COM – Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin mengatakan, keberadaan sumur bor yang masih efektif dan berfungsi, dapat dimanfaatkan sebagai bagian dari langkah pencegahan dini terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kota Palangka Raya.

“Banyaknya sumur bor tersebar pada sejumlah kawasan yang berpotensi terjadi karhutla. Keberadaan sumur bor ini memang harus dioptimalkan operasionalnya,”katanya, Sabtu (12/6/2021).

Namun terlepas dari itu sambung Fairid, pihaknya tentu akan melihat kembali kelayakan operasional sumur bor. Hal tersebut perlu dilakukan karena pasti ada beberapa yang tidak berfungsi dengan baik disebabkan banyak faktor.

“Bisa jadi, ketika musim kering, sumur bor akan sulit mengeluarkan air. Nah, inilah yang nantinya harus diperiksa kembali kelayakan setiap sumur bor yang ada,”tukasnya.

Selain pentingnya akan hal itu, tambah Fairid, maka memasuki musim kemarau ini akan dimasifkan kembali sosialisasi akan bahaya karhutla. Hal itu harus terus dilakukan setiap stakeholder terkait. Termasuk TNI dan Polri.

Semua itu akan terwujud, manakala ada dukungan dari masyarakat luas. Contohnya, masyarakat harus taat tidak membakar lahan ketika sudah memasuki musim kemarau ini.

“Tidak membakar lahan merupakan kunci utama untuk bersama-sama mencegah terjadinya karhutla di kota ini,” tambah Fairid.

Disinggung mengenai sarana prasarana (sarpras) untuk menanggulangi karhutla di Kota Palangka Raya, Fairid mengatakan sampai saat ini pihaknya belum lagi mendapatkan bantuan sarpras dari pemerintah pusat.

“Terkait sarpras ini memang belum kami usulkanl, namun seperti kepolisian ada beberapa sarpras nantinya diberikan oleh pihak pusat. Nah, dengan begitu pihak kepolisian dapat membantu ketika terjadi karhutla di Kota PalangKa Raya,”tandasnya.VD

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *