Barito TimurDPRD Barito TimurHEADLINE

Sebanyak 13 Desa di Bartim Dapat Bantuan Internet Gratis

"Tiga belas desa diantaranya, Desa Kambitin, Desa Pulau Padang, Desa Lampeong, Desa Tarinsing, Desa Muru Duyung, Desa Pinang Tunggal, Desa Dambung, Desa Sumber Garunggung, Desa Muara Awang, Desa Betang Nalong, Desa Mawani, Desa Maragut dan Desa Gandrung," ucap Dwi Aryanto, Selasa (31/8/2021).

FOTO : Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Kabupaten Barito Timur, Dwi Aryanto.

Gerakkalteng.com – Tamiang Layang – Dari 101 desa di Kabupaten Barito Timur cuma 13 desa yang akan merasakan internet gratis di tahun 2021 ini. Untuk saat ini internet gratis masih dalam proses pemasangan, perangkat yang dipasang adalah Internet VSAT.

Internet gratis ini merupakan program KPU/USO Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) dari Kementrian Komunikasi dan Informatika.

“Tiga belas desa diantaranya, Desa Kambitin, Desa Pulau Padang, Desa Lampeong, Desa Tarinsing, Desa Muru Duyung, Desa Pinang Tunggal, Desa Dambung, Desa Sumber Garunggung, Desa Muara Awang, Desa Betang Nalong, Desa Mawani, Desa Maragut dan Desa Gandrung,” ucap Dwi Aryanto, Selasa (31/8/2021).

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Kabupaten Barito Timur, Dwi Aryanto mengatakan ada 9 (sembilan) desa yang sudah terpasang internet VSAT.

“Sembilan desa itu yakni, Desa Pulau Padang, Desa Lampeong, Desa Tarinsing, Desa Muru Duyung, Desa Pinang Tunggal, Desa Dambung, Desa Sumber Garunggung, Desa Muara Awang dan Desa Betang Nalong,” ujar kadis.

Lebih lanjut Dwi Aryanto menjelaskan, sudah lama desa-desa tersebut mendambakan saluran komunikasi yang lancar dan dapat berkomunikasi dengan dunia luar. Berkat program KPU/USO Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementrian Komunikasi dan Informatika ini, masalah jaringan internet di 13 desa tersebut bisa teratasi.

Didampingi oleh Kepala Bidang Penyelenggaraan E-Government Marten Audian Dhanurseta, ST.MM Dwi Aryanto mengatakan, kehadiran internet VSAT di desa-desa tersebut disambut antusias oleh masyarakat.

Ini dibuktikan dengan banyaknya masyarakat melihat dan memperhatikan pemasangan perangkat VSAT BAKTI tersebut.

“Salah satu contohnya yakni saat pemasangan perangkat VSAT BAKTI di Desa Dambung Kecamatan Dusun Tengah. Banyak antusias warga desa yang ikut menyaksikan kala tim sedang berkerja,” ujar Marten.

Sementara itu, Kepala Bidang Penyelenggaraan E-government Marten Audian Dhanurserta, ST.MM yang turut mendampingi pemasangan perangkat VSAT BAKTI di Desa Dambung beberapa waktu yang lalu menambahkan, meski medan sulit menuju Desa Dambung, namun tak menjadi penghalang bagi timnya untuk mewujudkan mimpi warga Desa Dambung selama ini.

“Mengingat kondisi akses jalan yang sulit, perangkat internet dari BAKTI tersebut diangkut menggunakan kendaraan dinas milik Pemerintah Kabupaten Barito Timur,” jelas Marten.

Ia menjelaskan lagi, pemasangan internet VSAT BAKTI ini baru tahap awal. Pasalnya, melalui Dinas Komunikasi Informatika, Persandian dan Statistik, Pemerintah Kabupaten Barito Timur akan komitmen memfasilitasi pendirian repeater untuk menambah jangkauan sinyal telekomunikasi di desa-desa di wilayah Kabupaten Barito Timur. (ags)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!