Barito TimurDPRD Barito TimurHEADLINE

Aparatur Desa dapat Pelatihan Program Pamsimas

Foto : Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Sosial Kabupaten Barito Timur, Ir Barnusa melakukan foto bersama dengan para peserta Pasimas, Rabu (29/9/2021).

Gerakkalteng.com – Tamiang Layang – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Sosial (DPMSos) Kabupaten Barito Timur, Ir Barnusa membuka pelatihan peningkatan kapasitas bagi Aparatur Pemerintah Desa pada program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) tahun 2021 Kabupaten Barito Timur.

Tujuan pelatihan ini kata dia, untuk menyamakan pemahaman peserta terhadap juknis kerja sama desa untuk kegiatan air minum dan sanitasi.

“Saya berharap aparat desa dan kecamatan yang sudah memiliki aset Pamsimas agar bisa dimanfaatkan dan dikelola dengan baik sehingga bisa berjalan,” ucapan Barnusa, Rabu (29/9/2021).

Selanjutnya, Pamsimas yang menangani sarana air bersih dan sanitasi otomatis berkaitan dengan pola hidup bersih dan sehat.

Pembangunan, pengembangan dan pemeliharaan sarana dan prasarana kesehatan masyarakat termasuk di dalamnya sarana air bersih dan sanitasi merupakan bagian dari prioritas penggunaan Dana Desa.

Lebih lanjut Ir Barnusa menjelaskan, selama ini kelemahan Pamsimas di desa terletak pada pengelolaan, jadi sangat penting memberikan pelatihan dan edukasi kepada pengelola Pamsimas sendiri. Lanjut dia, harus mengerti pengelolaanya, baik itu peralatannya, seperti pipa dan peralatan lainya.

“Memang yang namanya kelompok kadang-kadang biasanya itu saling menunggu, jadi harus ada tanggungjawab dalam pemeliharaan aset,” pungkasnya. (ags)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *