Barito TimurDPRD Barito TimurHEADLINE

Rusunawa Bakal Dijadikan RS Darurat Covid-19

"Nanti untuk petugas menangani dari Puskesmas Jaar," ucap Ampera A.Y Mebas, Jumat (3/9/2021).

FOTO : Bupati Barito Timur, Ampera A.Y Mebas meninjau lokasi pembangunan sarana olah raga di komplek olahraga Nasarunai, Jumat (3/9/2021).

Gerakalteng.com – Tamiang Layang – Bupati Barito Timur, Ampera A.Y Mebas mengatakan, rumah susun sederhana sewa (rusunawa) di wilayah Longkang, Desa Jaar Kecamatan Dusun Timur akan dipersiapkan untuk menjadi rumah sakit (RS) darurat Covid-19.

Kata bupati, hal tersebut dilakukan untuk menanggulangi bertambahnya pasien yang tertular virus asal Tiongkok itu.

“Nanti untuk petugas menangani dari Puskesmas Jaar,” ucap Ampera A.Y Mebas, Jumat (3/9/2021).

Lanjut bupati, selain rusunawa, percepatan penanganan di RSUD Tamiang Layang diperluas. Ruang Asoka, Bogenvile serta Nipas akan digunakan untuk merawat pasien Covid-19.

Pemerintah daerah juga sudah melakukan rapat koordinasi dengan tim dan mengintruksikan seluruh camat sebagai ketua satgas wilayah masing-masing untuk segera menyediakan tempat isolasi. Seandainya ada warga yang terkonfirmasi tidak diperbolehkan isolasi mandiri.

“Nantinya pihak kecamatan akan mengakomodasi penempatan warga terpapar (Covid-19) dengan menggunakan fasilitas umum, seperti rumah dinas maupun eks kantor maupun gedung serba guna. Nantinya tidak ada lagi isolasi mandiri dirumah, semuanya akan dipantau,” kata bupati dua periode ini.

Selanjutnya, tempat perawatan yang disediakan kecamatan juga dipisah sesuai jenis kelamin. Sebab, ujar bupati, guna menghindari hal negatif lainya.

“Nanti dipisah antara laki-laki dan perempuan, walaupun status keluarga atau suami istri. Semua dilakukan agar upaya pemerintah daerah dan tim satgas akan lebih maksimal lagi dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” pungkasnya. (ags)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *