Barito TimurDPRD Barito TimurDPRD Kota Palangka RayaHEADLINE

Ampera Panen Padi Bersama Kelompok Tani Bumi Lestari

"Diantaranya lahan dengan jenis tanah Aluvial yang hampir merata di semua wilayah, yang berarti tingkat kesuburan tanahnya tinggi," ujar bupati, Kamis (14/10/2021).

FOTO : Bupati Barito Timur, Ampera A.Y Mebas.

Gerakkalteng.com – Tamiang Layang – Bupati Barito Timur, Ampera A.Y Mebas melakukan panen padi di sawah bersama sejumlah Kelompok Tani Bumi Lestari di Wilayah Kerja Penyuluh Pertanian (WKPP) Desa Tampa Kecamatan Paku Kabupaten Barito Timur, Kamis (14/10/2021).

Bupati dalam sambutannya mengatakan, sektor pertanian merupakan salah satu sektor yang memegang peranan penting dalam pembangunan daerah yang mampu meredam gejolak sosial, sekaligus sektor yang sanggup bertahan di tengah perekonomian akibat dampak pandemi Covid-19.

Ujar Ampera melanjutkan, peluang sektor pertanian di Kabupaten Barito Timur sangat besar untuk dikembangkan karena ditunjang dengan sumberdaya alamnya yang memadai.

“Diantaranya lahan dengan jenis tanah Aluvial yang hampir merata di semua wilayah, yang berarti tingkat kesuburan tanahnya tinggi,” ujar bupati, Kamis (14/10/2021).

Untuk saat ini, lanjut bupati menyampaikan pemerintah terus konsisten dan mendukung sektor pertanian agar semakin maju.

“Dengan cara membangun jalan usaha tani, optimalisasi lahan persawahan, bantuan benih dan pupuk, bantuan alsintan, obat-obat pertanian dan mengembangkan lahan kering untuk pertanian dan perkebunan,” ujar bupati.

Lebih lanjut Ampera A.Y Mebas, sangat mendukung dari sektor pertanian dan juga yang dilakukan oleh Pemkab Bartim.

“Dengan membentuk koperasi untuk menjaga kestabilan harga dan sekaligus sebagai wadah untuk menampung hasil pertanian di Kabupaten Barito Timur, yang nanti akan diproses menjadi beras hasil produk asli daerah kita,” jelasnya.

Bupati Barito Timur, Ampera A.Y Mebas berpesan agar seluruh penyuluhan pertanian aktif selalu mendampingi petani, memberikan penyuluhan dan bimbingan, hal tersebut bertujuan untuk mengetahui apa yang menjadi kendala petani di lapangan selama ini.

Dalam kegiatan panen padi bersama di lahan selson, anggota kelompok Bumi Lestari, seluas 1 (satu) hektare lebih, turut mendampingi Bupati, Camat Paku, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Dinas PUPR, Kepala Desa Tampa dan para penyuluh pertanian dari BPP Kecamatan Paku. (ags)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *