DPRD KatinganKatingan

Ketua Dewan Berharap Pemkab Melakukan Pengkajian Terkait Bencana Banjir Di Katingan

Terkait banjir ini, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah atau DPRD Kabupaten Katingan, Marwan Susanto, Rabu, (17/11/2021) mengatakan, bencana banjir selama 2021 ini sudah terjadi empat kali di Katingan.

Kasongan – Bencana banjir kembali melanda sejumlah wilayah kecamatan di Kabupaten Katingan. Kali ini, ada sembilan wilayah kecamatan terdampak.

Namun kini sebagian wilayah terutama di hulu atau utara Katingan sudah mulai surut.

Akan tetapi saat ini banjir masih menggenangi tiga wilayah kecamatan di bagian hilir atau selatan, seperti Katingan Hilir, Tasik Payawan dan Kecamatan Kamipang.

Terkait banjir ini, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah atau DPRD Kabupaten Katingan, Marwan Susanto, Rabu,  (17/11/2021) mengatakan, bencana banjir selama 2021 ini sudah terjadi empat kali di Katingan.

“Kita memang melihat bahwa kondisi banjir yang sudah beberapa kali terjadi di tahun ini, dan harapan kita ada upaya pemerintah daerah melakukan kajian  terkait penyebab dari banjir ini,” kata Ketua DPRD Katingan, Marwan Susanto.

Ditanya terkait penyebab banjir yang seringkali terjadi di Katingan, Marwan mengaku tidak mau buru-buru menarik kesimpulan terkait hal itu.

“Pendapat saya soal banjir ini memang perlu dilakukan kajian apakah ini dampak dari curah hujan tinggi atau dari lingkungan, ini kita harapkan ada langkah yang dilakukan oleh pemerintah daerah terkait upaya penanganan banjir ini,” ujarnya.

Marwan mengaku jika dirinya mendukung saran dari pemerintah daerah kepada masyarakat yang tinggal di sekitar DAS Katingan untuk membangun rumah panggung atau tinggi yang fungsinya saat ada bencana banjir dapat dipergunakan sebagai tempat pengungsian warga.

(Tri)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!