Barito TimurDPRD Barito TimurHEADLINE

Semester Pertama, Realisasi PAD Pemkab Bartim Capai 54 Persen

"PAD sudah mencapai 54 persen itu setelah penyesuaian akibat recofusing dan relokasi anggaran sesuai PMK 25/2020," ucap bupati, Jumat (10/7/2020).

gerakkalteng.com – Tamiang Layang – Di tengah masih penyebaran virus corona atau Covid-19, untuk pendapatan asli daerah (PAD) Kabupaten Barito Timur tidak kendur. Bahkan presentasi mampu menembus angka 54 persen pada semester I (Januari- Juni) tahun 2020 ini.

Bupati Barito Timur Ampera A.Y Mebas dalam penjelasannya, PAD Kabupaten Barito Timur terbesar disumbang dari pajak daerah berupa biyaya perolehan hak tanah atas bangunan (BPHTB) dari perusahaan besar swasta (PBS) senilai kurang lebih dari jumlah Rp. 8 miliar. Untuk retribusi, dikatakan bupati, hanya berkisar 16 persen dari dana perimbangan 47 persen.

“PAD sudah mencapai 54 persen itu setelah penyesuaian akibat recofusing dan relokasi anggaran sesuai PMK 25/2020,” ucap bupati, Jumat (10/7/2020).

Ia sedikit menambahkan, retribusi terkendala minimnya pembayaran karcis pedagang maupun parkir. Di tengah wabah pandemi virus corona atau Covid-19, terang bupati, pusat pembelanjaan atau pasar tidak berjalan normal seperti biasanya.

Selain itu juga, ditambahkan bupati, dari hotel dan restoran dipicu minimnya pengunjung yang berdampak pada perekonomian pelaku usaha.

Ia menambahkan, terkait PAD tersebut, pencapaian akan kembali disesuaikan dalam perubahan APBD 2020 yang tengah disusun. Bupati mengharapkan, penyesuaian tersebut betul-betul maksimal meski adanya Covid-19.

“Yang terpenting adalah kita mengharapkan pandemi virus corona atau Covid-19, agar cepat berlalu sehingga aktivitas usaha masyarakat kita kembali utuh sedia kala,” harapnya. (ags)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!