Kotawaringin Timur

Bupati Kotim Lantik Dua Damang Kepala Adat

"Hari ini saya melantik dua damang Kepala Adat Kecamatan Parenggean dan Kecamatan Mentaya Hilir Utara, dan saya meminta kepada para Da­mang untuk dapat melestarikan adat dan istiadat budaya daerah ini," kata Halikin usai pelantikan.

GERAKKALTENG.com – SAMPIT Bupati Kabupaten Ko­tawaringin Timur (Kotim) H Halikin­nor melantik Damang Kepala Adat Kecamatan Parenggean dan Keca­matan Mentaya Hilir Utara di rumah jabatan di Jalan A.yani, Kamis (24/2/2022).

Sebelumnya Damang Kepala Adat Mentaya Hilir Utara dijabat oleh Hasbullah dan digantikan oleh Rusli, sementara Damang Kepala Adat Parenggean yang sebelumnya dijabat oleh Pejabat sementara, Maslan Jailani, seka­rang digantikan oleh Puja Guntara sebagai pejabat definitif.

“Hari ini saya melantik dua damang Kepala Adat Kecamatan Parenggean dan Kecamatan Mentaya Hilir Utara, dan saya meminta kepada para Da­mang untuk dapat melestarikan adat dan istiadat budaya daerah ini,” kata Halikin usai pelantikan.

Menurutnya dengan mengem­bangkan dan melestarikan adat dan istiadat budaya dayak khususnya Kabupaten Kotim dan pada umum­nya Kalimantan Tengah (Kalteng), sehingga generasi penerus tetap dapat mengenal adat dan istiadat budaya agar tetap dilestarikan dan tidak hilang tergerus zaman yang semakin modern saat ini.

“Peran damang bagi pemerin­tah daerah juga sangat penting, karena kami menilai mereka san­gat membantu dalam menangani permasalahan yang mengenai adat istiadat yang ada di Kabupaten Kotim ini,” ujar Halikin.

Dirinya juga berpesan kepada para damang kepala adat dalam menjalankan tugasnya dapat saling berkoordinasi dengan lembaga, tokoh agama maupun masyarakat yang ada di wilayah masing-mas­ing, kalau ada permasalahan diten­gah masyarakat dapat segera dis­elesaikan agar daerah jadi aman, damai dan tentram.

Ia juga berharap dengan dilantiknya Damang kepala adat yang definitif, maka tugas-tugas kedamangan dapat berjalan lebih baik lagi, dan para damang juga dapat dengan leluasa menjalankan tugas sesuai dengan ketentuan dan peraturan yang ada.

Kegiatan tersebut juga dihadiri Wakil Bupati Irawati, Ketua DPRD Dra.Rinie, Wakil Ketua DPRD H.Rudianur, Ketua Harian DAD Kotim Untung, Forum koordinasi pimpinan daerah (Forkopimda), sejumlah Kepala satuan organisasi perangkat daerah (SOPD), camat dan damang yang ada di Kabu­paten Kotim. (ib/sog)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *