Palangka Raya

Ketahanan Pangan, Kurangi Ketergantungan dari Luar

FOTO : Wakil Wali Kota Palangka Raya Hj. Umi Mastikah, mengatakan, ketahanan pangan merupakan issue yang terus dikembangkan di era pandemi saat ini

PALANGKA RAYA – GERAKKALTENG. COM – Wakil Wali Kota Palangka Raya Hj. Umi Mastikah, mengatakan, ketahanan pangan merupakan issue yang terus dikembangkan di era pandemi saat ini. Baik di tingkat lokal maupun nasional.

Bicara konteks membangun ketahanan pangan ungkap dia, maka pemerintah hanya sebagai pendorong dan regulator. Sebaliknya masyarakat, terutama pengiat pertanian menjadi penggerak utamanya.

“Tidak bisa dipungkiri, ketahanan pangan menjadi sangat penting guna menjaga kedaulatan dan kesejahteraan ekonomi masyarakat,” ungkap Umi, usai menghadiri panen kebun sekaligus meninjuan Kelompok Wanita Tani (KWT) dan Kelompok Tani Harapan, di Sei Gohong Kecamatan Bukit Batu Palangka Raya, Senin (14/2/2022).

Sementara itu sambung Umi, bicara ketahanan pangan secara umum di Kota Palangka Raya, maka Pemerintah Kota Palangka Raya melalui dinas terkait, sejauh ini sudah memberikan pembinaan dan juga pelatihan kepada warga yang berprofesi sebagai petani. Baik petani secara kelompok maupun perseorangan.

Dengan banyaknya warga yang menggiatkan dirinya dibidang pertanian, maka diharapkan Kota Palangka Raya mampu memenuhi kebutuhan pangan. Sebut saja komoditas sayur mayur, buah-buahan dan sumber bahan makanan lain, secara mandiri sehingga mengurangi ketergantungan dengan daerah luar.

“Terlebih pandemi Covid-19 saat ini berdampak pada berbagai sektor perekonomian. Oleh karenanya, ketahanan pangan sangat diharapkan guna menjaga kestabilan ekonomi tersebut,”ucap Umi.

Adapun dalam kegiatan peninjauannya itu, tampak Umi berkesempatan melakukan panen sejumlah komoditas hasil kebun, dari Kelompok Tani Harapan, di bawah pimpinan Asep.VD

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *