Palangka Raya

Perlu Peran Masyarakat dalam Perencanaan Pembangunan

MUSRENBANG : Wali Kota Palangka Raya, Fairid Naparin, saat menghadiri Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan Bukit Batu tahun 2022. Foto Prokom

PALANGKA RAYA – GERAKKALTENG. COM – Sejatinya, pemerintah tidak dapat bekerja sendiri dalam melaksanakan setiap program pembangunan, namun diperlukan dukungan dan partisipasi mayarakat di dalamnya.

Demikian, salah satu poin yang ditekankan Wali Kota Palangka Raya, Fairid Naparin, saat membuka secara resmi Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan Bukit Batu tahun 2022.

Musrenbang tersebut di gelar di kawasan Wisata Surung Danum, Jalan Sidomulyo Kelu
rahan Habaring Hurung, Kecamatan Bukit Batu, Senin (14/2/2022).

Kembali dalam arahannya pada kegiatan tersebut Fairid menyampaikan, musrenbang RKPD di tingkat kecamatan adalah merupakan musyawarah tahunan, guna mendapatkan masukan prioritas program perencanaan pembangunan.

Dikatakan, dalam menjaring usulan prioritas pembangunan tersebut dimulai dari musrenbang tingkat kelurahan, hingga berlanjut menyepakati kegiatan di musrenbang tingkat kecamatan.

Disisi lain dijelaskan, usulan prioritas di tingkat kecamatan itu sebagai dasar penyusunan rancangan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Palangka Raya tahun 2023 dan rancangan rencana kerja perangkat daerah tahun 2023.

“Maka itu saya katakan, peran serta masyarakat dari awal perencanaan sangat penting, dalam upaya mewujudkan masyarakat sejahtera seperti yang dicita-citakan bersama,”papar Fairid.

Adapun musrenbang tingkat Kecamatan Bukit Batu tersebut, dilaksanakan secara terbatas serta menerapkan protokol kesehatan ketat. Musrenbang dihadiri unsur Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan, sejumlah kepala OPD dilingkup Pemerintah Kota Palangka Raya, camat dan lurah, serta tokoh adat dan tokoh masyarakat.VD

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *