DPRD Kalimantan TengahKalimantan Tengah

Pengusaha Dituntut Cerdik Petakan External Condition

Wakil Ketua Kamar Dagang dan Industri atau KADIN Kalimantan Tengah, Rizky Mahendra, Sabtu (12/03/2022).

GERAKKALTENG.com – Palangka Raya – Pelaku usaha dan bisnis dituntut untuk bisa menyesuaikan diri dan ikut memetakan kondisi eksternal yang sedang terjadi. Selain kondisi pandemi, kini pelaku usaha juga harus membuat rencana bisnis ke depan dengan berbagai tantangan dan perubahan yang terjadi.

Seperti juga dampak perang Rusia dan Ukraina, perubahan teknologi yang pesat dan perubahan gaya hidup yang juga mengalami pergeseran

Kepada Gerakkalteng.com, Wakil Ketua Kamar Dagang dan Industri atau KADIN Kalimantan Tengah, Rizky Mahendra, Sabtu (12/03/2022) menyebut, kini pengusaha dituntut cerdik dan sigap mengatasi perubahan ekternal atau yang disebut external conditioning.

Sebuah perubahan yang mau tak mau dihadapi dan perlu disiasati, dipetakan , dianalisis dan diambil keputusan yang tepat.Pelaku usaha dituntut jeli mengamati, memproyeksikan kondisi dan mengambil keputusan sulit di bawah tekanan situasi ekternal yang tak pasti.

Selain pandemi, ia mencontohkan adalah adanya dampak perang Rusia dan Ukrainia yang akan mempengaruhi penyediaan gandum. Tentu bagi pelaku usaha roti dan bakery ini menjadi tantangan bagaiamana mencari bahan baku selain gandum yang kini tak bisa lagi digantungkan pada Ukraina.

“Selain pandemi dan perang, masih banyak kondisi eksternal lainnya yang harus dipetakan seperti halnya perubahan teknologi, perubahan gaya hidup, perubahan generasi dan budaya dan perubahan lainnya”, terangnya. (AW/ST)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *