Kalimantan Tengah

Seni Budaya Tahun 2022 Resmi Dibuka

FOTO : Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan, dan Pembangunan, Yuas Elko

GERAKKALTENG.com – PALANGKA RAYA – Gubernur Kalteng, H. Sugianto Sabran melalui Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan, dan Pembangunan Yuas Elko, membuka secara resmi Gelar Seni Budaya Tahun 2022, bertempat di Gedung Pertunjukan Terbuka, UPT Taman Budaya Kalteng, Selasa (8/3/2022).

Dalam sambutannya, Yuas berharap Gelar Seni Budaya memiliki peran yang sangat strategis bagi pemulihan perekonomian di Provinsi Kalteng di masa pandemi ini, dimana dapat mendorong dinamisasi seni sehingga lebih bermakna, yang pada gilirannya mampu meningkatkan kontribusi dalam pembangunan daerah dan dalam koridor ekonomi kreatif, dengan menempatkan seni sebagai salah satu pilar utama.

“Menjadi harapan kita bersama, semoga kegiatan ini tidak hanya menjadi sebuah pertunjukan saja, namun paling penting dapat membuka era baru wisata budaya Kalimantan Tengah khususnya di Kota Palangka Raya. Kondisi pandemi Covid-19 masih melanda, Gelar Seni Budaya ini dapat disaksikan secara virtual melalui live streaming channel Youtube Taman Budaya Kalimantan Tengah yang dapat ditonton oleh semua warga Indonesia dan berbagai belahan dunia lainnya,” ucap Yuas Elko.

Sementara itu, Plt. Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Prov. Kalteng Hj. Adiah Chandra Sari menyebut Kegiatan Gelar Seni Budaya ini akan terus dilaksanakan secara berkala dan reguler dengan menampilkan sanggar-sanggar seni yang ada di Kota Palngka Raya.

“Sektor Pariwisata dan seni tidak boleh terjebak dengan kondisi pandemi saat ini, harus dilakukan upaya-upaya untuk menggairahkan kembali untuk sektor pariwisata dan seni pertunjukan, tentu dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat,” ucap Diah.

Lebih lanjut Diah mengungkapkan bahwa menjelang peaksanaan Festival Budaya Isen Mulang, ajang ini juga diharapkan menjadi pemantik bagi pelaku maupun praktisi seni untuk menciptakan kreatifitas dan inovasi dalam seni pertunjukan, yang pada akhirnya mampu membangkitkan ekonomi kreatif.

Hadir mendampingi, Staf Ahli Gubernur pada acara Gelar Seni Budaya ini, antara Plt. Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kalteng Hj. Adiah Chandra Sari dan para Pejabat Struktural di lingkungan Disbudpar Prov. Kalteng. (Don/MMC)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *