DPRD Gunung MasGunung Mas

Desa Bereng Jun Miliki Gedung Perpustakaan Desa

MERESMIKAN : Bupati Gunung Mas, Jaya S Monong bersama wakilnya saat meresmikan gedung perpustakaan desa di Desa Bereng Jun, Rabu (6/4/2022). Foto Red

GERAKKALTENG. com Kuala Kurun –Bupati Gunung Mas, Jaya S Monong, meresmikan gedung perpustakaan di Desa Bereng Jun, Kecamatan Mihing Raya. Selain peresmian, acara juga dibalut dengan penyerahan bantuan program transformasi perpustakaan berbasis inokulasi sosial.

Dalam sambutannya Jaya S Monong mengatakan, di era globalisasi yang dibarengi dengan pesatnya ilmu pengetahuan dan teknologi, akan sangat berdampak pada dunia pendidikan. Salah satunya peran perpustakaan didalamnya turut berperan dalam menyimpan sumber-sumber informasi.

“Adanya kehadiran gedung perpustakaan di Desa Bereng Jun ini, dapat meningkatkan budaya membaca. Terutama pada anak usia sekolah, sehingga mereka dapat mengeksplor potensi dan memotivasi dirinya,”ungkapnya, Rabu (6/4/2022).

Kendati begitu kata dia, budaya membaca di kalangan masyarakat sejauh ini masih belum dijadikan sebagai kebutuhan yang mendasar. Maka itu, mengingat pentingnya budaya membaca, sehingga perlu adanya bimbingan dari banyak pihak dalam menggalakkannya.

“Kewajiban untuk meningkatkan minat baca masyarakat telah diatur dalam UU No 43 Tahun 2007 tentang perpustakaan. Regulaai ini mengatur adanya sinergitas antara pemerintah dan masyarakat, dunia usaha serta sekolah untuk meningkatkan minat baca,” papar Jaya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (DPKD) Kabupaten Gumas Edwin Yustian, dalam laporannya menyampaikan, gedung perpustakaan desa di Desa Bereng Jun tersebut telah memperoleh persetujuan dari perpustakaan nasional. Sehingga dilakukan peresmiannya dalam rangka menunjang pendidikan dan meningkatkan budaya membaca.

“Perpustakaan desa di Desa Bereng Jun ini sebelumnya telah disurvei pihak perpustakaan dan arsip Provinsi Kalteng. Bahkan perpustakaan desa ini terpilih mendapatkan bantuan. Asapun keberadaan perpustakaan desa ini juga didukung penuh oleh PT MSAL,”pungkasnya. (sst/dri)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *