Kalimantan Tengah

Wagub Kalteng Hadiri Karya Kreatif Indonesia Secara Virtual

FOTO : Wagub Kalteng, H. Edy Pratowo saat menghadiri pembukaan Karya Kreatif Indonesia 2022, secara virtual.

GERAKKALTENG.com – Palangka Raya – Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Edy Pratowo menghadiri pembukaan Karya Kreatif Indonesia 2022 “UMKM Indonesia Bangkit melalui Digitalisasi dan Globalisasi menuju Pertumbuhan Ekonomi yang Berkelanjutan” yang digelar terpusat di Hall A Jakarta Convention Center, secara virtual dari Aula Jayang Tingang, Kantor Gubernur Kalteng, Jumat (27/5/2022).

Pekan karya kreatif Indonesia merupakan momen perayaan kebangkitan pemulihan UMKM.
Karya Kreatif Indonesia 2022 dibuka secara resmi Wakil Presiden RI Maruf Amin. Hadir Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Teten Masduki dan Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo.

Wapres dalam arahannya menyampaikan Karya Kreatif Indonesia 2022 untuk mendukung gerakan bangga buatan Indonesia dan bangga berwisata di Indonesia. UMKM di Indonesia memegang peran vital sebagai tumpuan perekonomian nasional.

“Saya mengapresiasi Bank Indonesia melaksanakan program pengembangan UMKM melalui tiga pilar kebijakan yaitu korporatisasi, kapasitas, dan pembiayaan guna mewujudkan UMKM yang produktif, inovatif dan adaptif,” ucap Wapres.

Kedepannya, Wapres meminta agar sinergi dan kolaborasi yang baik antara Bank Indonesia dengan Kementerian dan Lembaga, Asosiasi serta komunitas dalam upaya pengembangan UMKM di Indonesia dapat terus terjaga bahkan menjangkau berbagai pihak lainnya.

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo dalam laporannya menyampaikan pada pekan Karya Kreatif Indonesia ini begitu banyak ditampilkan kreasi-kreasi UMKM, wastra-wastra dari seluruh nusantara dengan kualitas ekspor dengan harga produsen.

“Ini adalah kurasi dari UMKM binaan Bank Indonesia, Kementerian Koperasi dan UKM, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Dekranas dan Kementerian Perdagangan, Industri dan juga dari Kementerian/Lembaga lain,” tuturnya.

Sementara itu, Wagub H. Edy Pratowo usai mengikuti acara, mengutarakan bahwa Kalteng mengikutsertakan sebanyak 4 (empat) UMKM yang dilibatkan pada Karya Kreatif Indonesia 2022.

“Tentunya UMKM tersebut bisa mewakili produk dari Kalteng. Diharapkan, ini bisa memperkenalkan dan menjadi brand Kalteng yang bisa dipasarkan lebih luas ketingkat nasional hingga internasional,” pinta Edy

Produk khas Kalteng yang ditampilkan pada Karya Kreatif Indonesia yaitu kerajinan seperti rotan dan wastra.

Wagub Kalteng didampingi Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Prov. Kalteng Leonard S. Ampung, Kepala Perangkat Daerah Prov. Kalteng terkait, Kepala OJK Prov. Kalteng Otto Fitriandy, serta dari Perwakilan Bank Indonesia Kalteng diantaranya Deputi Kepala Perwakilan TPIK Yudo Herlambang dan Deputi Kepala Perwakilan SPMI Magfur. (MMC/Don)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *