Barito TimurDPRD Barito Timur

Bupati Bartim Terima Bantuan Sapi Kurban Dari Pemprov Kalteng

Foto : Gubernur Kalimantan Tengah, H. Sugianto Sabran yang diwakili oleh Kadis TPHP Provinsi Kalimantan Tengah, Riza Rahmadi menyerahkan secara simbolis 10 ekor bantuan sapi kurban Idul Adha 1443 Hijiriah yang diterima langsung oleh Bupati Barito Timur, Ampera A.Y Mebas bertempat di halaman Masjid Agung Ar-Rahman Tamiang Layang.

Gerakkalteng.com Tamiang Layang – Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah menyalurkan hewan sapi kurban Idul Adha 1443 Hijiriah untuk Kabupaten Barito Timur.

Penyerahan 10 ekor sapi kurban ini dilakukan simbolis Gubernur Kalimantan Tengah, H. Sugianto Sabran di Masjid Agung Ar-rahman dan diterima langsung oleh Bupati Barito Timur, Ampera A.Y Mebas turut mendampingi Kabag Kesra, Asisten III dan pengurus masjid setempat.

Dalam sambutan Gubernur Kalimantan Tengah H. Sugianto Sabran yang dibacakan oleh Kadis TPHP mengatakan, sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat khususnya umat islam yang akan merayakan Idul Adha. Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah telah menyalurkan bantuan hewan kurban ke seluruh kabupaten/kota yang ada di wilayah Kalimantan Tengah.

“Sebanyak 416 ekor sapi kurban didistribusikan ke 14 kabupaten dan kota se-Kalimantan Tengah,” kata Riza Rahmadi, Jumat (8/7/2022).

Bantuan hewan kurban tersebut kemudian disalurkan pemerintah daerah setempat melalui masjid, mushola, pondok pesantren dan panti asuhan agar masyarakat sekitar yang membutuhkan dapat memanfaatkan daging kurban pada perayaan hari raya idul adha.

“Sehubungan dengan adanya situasi wabah Penyakit Mulut dan Kuku atau PMK, telah dilakukan upaya mitigasi resiko dan penyesuaian terhadap prosedur pelaksanaan kurban, yaitu pada tahapan penjualan hewan kurban, pemeriksaan kesehatan, pemotongan hewan kurban, penanganan daging kurban, dan penanganan limbah penyembelihan kurban,” jelasnya.

“Bantuan hewan kurang dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah juga telah melalui pemeriksaan kesehatan oleh pihak terkait dan insyaallah terbebas dari PMK,” kata Riza Rahmadi.

Dirinya juga mengingatkan, bagi panitia-panitia masjid yang mendapatkan bantuan hewan kurban agar tetap memperhatikan prosedur penyembelihan dan pembagian daging kurban.

“Khususnya dalam pengemasan daging kurban dianjurkan untuk menggunakan daun atau plastik bening, yang lebih aman dari pada plastik daur ulang berwarna gelap,” pesan Riza Rahmadi.

Lanjutnya, memperhatikan pandemi Covid-19 yang belum sepenuhnya mereda, ia menghimbau agar dalam pelaksanaan kurban masyarakat tetap memperhatikan protokol kesehatan, diantara memakai masker, mencuci tangan dan jaga jarak.

“Diakhir sambutan ini, kami atas nama Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah mengucapkan selamat hari raya idul adha 1443 Hijiriah dan semoga bantuan hewan kurban ini menjadi keberkahan bagi kita semua, amin ya rabbal alamin,” pungkasnya. (ags)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!