DPRD Kota Palangka RayaPalangka Raya

Lindungi Anak dari Kekerasan Seksual

Pemerintah harus menjamin perlindungan anak dari praktik-praktik kekerasan. Terutama lindungi anak dari kekerasab seksual yang marak terjadi saat ini.

Anggota Komisi C DPRD Palangka Raya, Susi Idawati, Kamis (21/7/2022).

GERAKKALTENG. com – Palangka Raya – Setiap tanggal 23 Juli diperingatan sebagai Hari Anak Nasional (HAN). Seiring peringatan menyambut HAN tersebut, maka seluruh komponen masyarakat harus memastikan hak-hak anak bisa terpenuhi.

“Pemerintah bersama semua pihak, harus menjamin perlindungan anak dari praktik-praktik kekerasan. Terutama lindungi anak dari kekerasab seksual yang marak terjadi saat ini,”ungkap anggota Komisi C DPRD Palangka Raya, Susi Idawati, Kamis (21/7/2022).

Menurutnya, dengan peringatan HAN, diharapkan dapat menjadi momentum bagi pemerintah, khususnya Pemerintah Kota Palangka Raya, untuk meningkatkan perlindungan bagi anak. Terutama melalui kebijakan dan peraturan yang bisa diterapkan.

Terlebih selama pandemi Covid-19 sejauh ini, telah membuat anak-anak banyak menghadapi tantangan yang tidak mudah. Mulai dari masalah kesehatan, psikososial, hingga edukasi.

“Termasuk isu kekerasan seksual, baik dilingkungan lembaga pendidikan, maupun di lingkungan sosialnya yang mana membutuhkan banyak perhatian dari seluruh pihak,” tukasnya.

Srikandi DPRD dari Partai NasDem ini melihat, kekerasan seksual pada anak kerap terjadi di sekitar lingkungan anak itu sendiri. Untuk itu, ia meminta agar pengawasan dari orang tua terhadap anak harus ditingkatkan. Begitupun kebersamaan dalam lingkungan keluarga harnonis harus dilakukan.

Disisi lain, anak didik harus diberi penguatan dan edukasi. Terutama yang berkaitan dengan kiat-kiat mencegah dan menghindari kekerasan seksual.

“Sesuai tema peringatan HAN 2022 ‘Anak Terlindungi, Indonesia Maju’, maka kita harus pastikan keamanan anak dari kekerasan seksual demi kemajuan Indonesia. Terutama dari sisi hukum yang setegas tegasnya bagi pelakunya,”tandas Susi.(VD)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *