DPRD Kotawaringin Timur

Maksimalkan Program PSR untuk Petani Sawit

SAMPIT – Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), H Rudianur mendorong adanya optimalisasi program peremajaan sawit rakyat (PSR) di daerah yang merupakan ladang industri perkebunan kelapa sawit tersebut.

Menurutnya salah satu tujuan dari pentingnya optimalisasi program PSR yaitu untuk membantu membangkitkan atau meningkatkan perekonomian masyarakat. Terutama bagi petani sawit mandiri yang selama ini masih mendapat kendala terkait persoalan peremajaan kelapa sawit itu sendiri.

“Kami tentunya sangat mendukung adanya upaya optimalisasi program PSR, karena selama masa pandemi Covid-19 usaha sawit juga turut berdampak dan dengan program PSR nantinya kita berharap dapat kembali membangkitkan perekonomian masyarakat dari sektor perkebunan,” kata Rudianur, Kamis (7/7/2022).

Dirinya mengatakan, agar program PSR dapat optimal, maka persyaratan untuk men-dapatkan program itu harus dipermudah dan bila perlu disederhanakan baik itu dari luasan maupun status lahan dan juga jumlah kelompok.

“Kita ketahui bersama target PSR ini adalah rakyat, artinya yang dikejar adalah tepat sasaran, untuk itu persyaratannya harus di permudah, sehingga bisa menyentuh seluruh lapisan masyarakat. Kendala masyarakat selama ini adalah terkait status lahan,” ujar Rudianur.

Politisi Partai Golkar dua periode ini juga berharap, dengan adanya program PSR itu kedepannya produktivitas lahan sawit milik masyarakat dapat meningkat meskipun tanpa membuka lahan baru.

“Harapan kita dengan adanya program PSR ini kedepannya masyarakat dapat meningkat-kan produktivitas lahan sawit milik mereka, sehingga ekonomi masyarakat itu sendiri dapat semakin berkembang secara pesat,” tutupnya. (erk/bud)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *