DPRD Kota Palangka RayaPalangka Raya

Waspada Varian Omicron Baru, Tanpa Harus Panik

munculnya subvarian terbaru dari Covid-19 Omicron, yaitu BA.4, BA.5 hingga BA.2.75 di tanah air, harus mendapat perhatian serius dari semua pihak.

Ketua DPRD Palangka Raya, Sigit K Yunianto.

GERAKKALTENG. com – Palangka Raya – Ketua DPRD Palangka Raya, Sigit K Yunianto mengatakan mulai munculnya subvarian terbaru dari Covid-19 Omicron, yaitu BA.4, BA.5 hingga BA.2.75 di tanah air, harus mendapat perhatian serius dari semua pihak.

“Tentu hal ini harus menjadi perhatian serius kita bersama. Terutama bagaimana semua lapisan masyarakat dapat mewaspadai penyebaran subvarian terbaru dari Covid-19 itu, namun tanpa perlu panik, ” ungkapnya, Selasa (26/7/2022).

Berdasarkan informasi lanjut Sigit, maka subvarian Omicron BA.4 dan BA.5 hingga kini masih belum mereda. Namun ironisnya muncul lagi varian baru yang berpotensi lebih menular, yakni BA.2.75.

Perlu diketahui sambung politikus dari Fraksi PDI Perjuangan ini, varian BA.2.75 pertama kali terdeteksi di India pada Mei lalu. Varian ini disebut-sebut penularannya lebih cepat dari varian BA.5 yang sangat menular.

Bahkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengkategorikan subvarian ini sebagai Variant of Concern (VOC) Lineage Under Monitoring (LUM). Artinya, varian ini tengah diawasi secara ketat oleh WHO.

“Intinya, kita memang tak perlu panik tapi fakta bahwa BA.2.75 sudah terdeteksi di Indonesia harus membuat kita lebih waspada. Jangan sampai virus berbahaya tersebut masuk ke tempat kita,” tukas Sigit.

Sementara terkait kasus Covid-19 di Kota Palangka Raya yang terus mengalami kenaikan. Tentu kondisi ini jelas Sigit, menuntut langkah cepat pemerintah daerah, epidemiolog dan seluruh elemen masyarakat untuk bergotong royong menghadapi Covid-19, agar tidak kembali meluas sebarannya. (VD)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *